Peserta Menangis Massal saat Penutupan PDWK Kankemenag OKI
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 9 Desember 2023
  • 90x Dilihat
  • Berita

Peserta Menangis Massal saat Penutupan PDWK Kankemenag OKI

Kayuagung (9/12), Suasana haru dirasakan peserta saat penutupan Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) Penggerak Penguatan Moderasi Beragama Bagi Rumah Ibadah Angkaatn VIII, PDWK Manajemen Kemasjidan Angkatan IX dan PDWK Keluarga Sakinah Angkatan VII pada Kankemenag Kabupaten Ogan Komering Ilir yang diselenggarakan Balai Diklat Keagamaan Palembang.

 

Diwakili oleh satu peserta bernama Harnizun yang berasal dari P2Ukd Kayuagung menyampaikan kesan pesan peserta. Mereka menangis massal merasa tersentuh, terharu dengan kegiatan ini dimana mereka belum dapatkan sebelumnya. Widyaiswara yang rela jauh-jauh memberikan materi kepada peserta, begitu juga dengan panitia yang sabar dalam menghadapi tingkah laku peserta. “Kami ucapkan terima kasih banyak kepada widyaiswara dan panitia. Kami sangat jarang mengikuti kegiatan seperti ini. Kini kami merasa diperhatikan, kami ingin selalu dilatih dan dididik oleh bapak ibu skalian untuk bisa meningkatkan kompetensi agar tidak tertinggal dengan daerah lain” ucapnya

 

“Terima kasih kepada teman yang setia mengikuti pembelajaran ini dengan baik. Semoga semua dapat bermanfaat bagi kita semua, Aamiin” tambahnya.

 

Acara dilanjutkan dengan pembekalan Kepala Kankemenag Kab. OKI yang diwakili oleh Kasubag Tata Usaha, Muazmi S.Ag. M.Pd.I. Ia menyatakan bahwa pelatihan ini sangat luar biasa. “Kami berharap setelah mengikuti pelatihan ini peserta keluarga sakinah bisa menyelamatkan keluarga kita sendiri dan berkhotbah di masyarakat umum untuk menggalakkan kesakinahan” ungkap Muazmi

 

“Saya selaku ketua MUI Kayuagung, banyak sekali yang bilang kegiatan keagamaan di masjid hanya jadi tanggung jawab yang datang kemasjid, menurut saya ini hal yang salah. Kita semualah yang bertanggung jawab. Dan jangan ragu untuk mengeluarkan uang untuk masjid dan berkorban menyemarakkannya” Pesannya.

 

“ Begitu juga dengan pelatihan moderasi beragama ini sangat penting dan harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Harus moderat terutama dilingkungan rumah ibadah” tambahnya.

 

Pelatihan ditutup secara resmi oleh Kepala Balai Diklat Keagamaan Palembang Dr. H. Saefudin, S.Ag, M.Si. Dihadapan 75 orang peserta Saefudin menyampaikan “Saya sangat senang mendengarkan pesan dan kesan yang disampaikan tadi. Ini memperlihatkan terjalinnya kebersamaan dan kehangatan antar peserta, widyaiswara dan panitia. Semoga ini akan terus terjaga. Semoga ditahun depan kegiatan pelatihan untuk pihak external bisa terus dilaksanakan” Ungkap Saefudin seraya menutup PDWK Kankemenag Kab. OKI

 

Pelatihan ini telah dilaksanakan selama 6 hari mulai tanggal 4 s.d 9 Desember 2023. Acara Penutupan diakhiri dengan doa’a bersama dan saling bersalam-salaman. (Yn)