Planning sebelum Training, Kunci Pelatihan Tepat Sasaran dan Merata
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 22 Desember 2022
  • 217x Dilihat
  • Berita

Planning sebelum Training, Kunci Pelatihan Tepat Sasaran dan Merata

Kayuagung (21/12), Tim Analisis Kebutuhan Pelatihan (AKP) dan tim Evaluasi Pasca Pelatihan (EPP) tiba di Kantor Kemenag Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) pada Rabu, 21 Desember 2022. Kehadiran 4 orang pegawai BDK Palembang tersebut disambut oleh Kasubbag TU, H. Muazni, S.Ag., M.Pd.I. 


Muazni menyampaikan bahwa Kemenag Kabupaten OKI menyambut hangat kedatangan tim dari BDK Palembang dan telah mengundang beberapa alumni pelatihan tahun 2022 dan beberapa pegawai lain yang relevan untuk menjadi obyek kegiatan AKP dan EPP tersebut. 


Kegiatan dimulai tepat pukul 09.30 WIB dan dihadiri oleh lebih kurang 50 orang SDM Kemenag Kabupaten OKI yang terdiri dari Guru, Pengawas PAI, Pengawas Madrasah, Penghulu dan Penyuluh. Pada kata sambutan saat membuka kegiatan, Muazni menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan AKP dan EPP ini. Menurut pria lulusan UIN Raden Fatah Palembang ini, perkembangan manajemen pelatihan di BDK Palembang sudah semakin baik dengan adanya AKP dan EPP. "Dulu sekali, zaman saya masih aktif ikut diklat, pelatihan atau diklat dilaksanakan sesuai kurikulum atau pemetaan dari BDK saja. Jadi terkadang perlu tidak perlu bagi satuan kerja, tetap dipanggil pelatihan. Tapi sekarang, pelatihan dipersiapkan dengan baik, ditanya langsung seperti ini (AKP) ke satuan kerja, jadi pelatihan yang diselenggarakan tepat sasaran, baik jenisnya juga jumlahnya. Istilahnya planning sebelum trainning lah ya." Ujar Muazni 


Pria yang menguasai bahasa Arab tersebut juga antusias terhadap EPP dimana menurutnya peserta itu benar-benar diperhatikan bahkan beberapa bulan pasca pelatihan. "Beruntung sekali bapak ibu yang ikut pelatihan, begitu juga kami di satuan kerja, benar-benar diperhatikan, tidak hanya output tapi juga outcome dari pelatihan. Ada tidak manfaatnya pasca pelatihan baik bagi yang bersangkutan maupun bagi rekan sejawat dan satker." tutur Muazni. 


Melalui Kasubbag TU, Kepala Kemenag Kabupaten OKI, Drs. H. Subrata, M.Pd.I.  menyampaikan ucapan terima kasih dengan diselenggarakannya kegiatan AKP dan EPP. Mantan Kasubbag TU BDK Palembang tersebut juga berharap hasil kegiatan AKP dan EPP benar-benar dapat mendukung penyelenggaraan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan kemenag Kabupaten OKI.