PROSEDUR MANAJERIAL PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN oleh Dr. Agustina, M.Pd.
  • 25 November 2020
  • 1273x Dilihat
  • Artikel

PROSEDUR MANAJERIAL PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN oleh Dr. Agustina, M.Pd.

PROSEDUR MANAJERIAL PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN

Dr. Agustina, M.Pd.

Abstrak

Model model pengembangan kurikulum merupakan model yang digunakan untuk mengembangkan suatu kurikulum, dimana pengembangan kurikulum dibutuhkan untuk memperbaiki atau menyempurnakan kurikulum yang dibuat untuk dikembangkan sendiri baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah atau sekolah. Permasalahan yang muncul seringkali adalah institusi pembelajaran tidak memiliki landasan yang kuat dalam memilih model kurikulum dan hanya mengira-ngira saja tanpa teori yang cukup. Terdapat juga pandangan bahwa kurikulum hanyalah kumpulan mata pelajaran yang harus disampaikan guru atau dipelajari siswa. Selain itu, para pengembang kurikulum seringkali belum memiliki pembahaman memadai tentang model-model kurikulum apa saja yang dipakai dalam pengembangan kurikulum dan dapat diterapkan pada berbagai institusi pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, artikel ini akan membahas pertanyaan a) Bagaimana manajemen pengembangan kurikulum, dan b) Model-model apa saja yang dapat digunakan dalam mengembangkan kurikulum? Diharapakn tim pengembang kurikulum di tingkat sekolah dan kediklatan bisa merancangprosedur manajerial pengembangan kurikulum yang disesuaikan dengan model pengembangan yang anda pilih dan dengan pendekatan fungsi manajemen.

Kata kunci: Pengembangan Kurikulum

 

  • Pendahuluan

Sebuah kurikulum dianggap sebagai “jantung” dalam tiap institusi pembelajaran dimana diartikan bahwa sekolah atau universitas tidak akan bisa berjalan tanpanya. Karena vitalnya fungsi kurikulum pada pendidikan formal maka kurikulum telah mengalami proses yang dinamis karena perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat itu sendiri. Menurut Bilbao dkk (2008), kurikulum dalam artian luas adalah tidak hanya pembelajaran yang terhadi pada individual di sekolah namun juga pada masyarakat. Namun begitu ada banyak versi pengembangan kurikulum (curriculum development/curriculum design) yang dikemukakan para ahli dengan perbedaan pada titik beratnya masing-masing. Konsep kurikulum itu sendiri berkembang sejalan dengan perkembangan teori dan praktik pendidikan, juga bervariasi sesuai dengan aliran atau teori pendidikan yang dianutnya.

Versi Lengkap Silakan Download disini /upload/files/Web%20NOV%20Agustina%281%29.pdf