Pusdiklat Teknis Lakukan Uji Publik Modul IKM-BK di BDK Palembang
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 3 Mei 2023
  • 343x Dilihat
  • Berita

Pusdiklat Teknis Lakukan Uji Publik Modul IKM-BK di BDK Palembang

PALEMBANG (3/5) - Bertempat di Ruang Rapat BDK Palembang, Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan yang diwakili oleh widyaiswara teknis pendidikan Abdul Haris Pito, melakukan uji publik Modul Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKM BK). Modul tersebut sendiri telah dirintis oleh Pusdiklat Teknis dalam rangka penyempurnaan pelaksanaan pelatihan IKM BK oleh Balai Diklat Keagamaan di seluruh Indonesia. 


Kegiatan dibuka oleh Kepala BDK Palembang Dr. H. Saefudin, S.Ag., M.Si. Dalam arahannya, Saefudin  menyebutkan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan modul IKM BK dan menyerap aspirasi para pengampu pelatihan IKMBK dan stakeholder terkait. Lebih lanjut, ia juga berharap agar pelatihan IKMBK pada tingkat madrasah akan tepat sasaran. Pelatihan IKMBK sedianya akan dilakukan BDK Palembang mulai tanggal 15 Mei 2023 mendatang di wilayah kerjanya. 


Dalam paparannya, Abdul Haris Pito mengatakan terdapat beberapa perbedaaan dalam pelatihan IKMBK dengan pelatihan yang biasa dilakukan BDK Palembang, yaitu salah satunya perbedaan dalam durasi pelatihan dimana IKMBK akan berlangsung selama 25 pekan. Selain itu, terdapat perbedaan dalam hal kepesertaan, dimana peserta akan berbasis komunitasnya melibatkan unsur guru, kepala madrasah, pengawas, dosen, kantor kemenag kota dan kanwil kemenag. Terakhir, terdapat perbedaan dalam hal persyaratan peserta, dimana tiap peserta diwajibkan terlebih dulu untuk mengikuti MOOC yang diselenggarakan Pusidklat Teknis dalam aplikasi PINTAR, agar semua peserta memilliki starting point yang sama dalam mengikuti pelatihan IKMBK tersebut. 


Uji publik tersebut juga oleh Kasubbag TU BDK Palembang Mukmin, S.H.I., M.Sy., para widyaiswara trainer IKM BK, para ketua tim kerja BDK Palembang, perwakilan dari Kantor Kemenag Kota Palembang, perwakilan Kanwil Kemenag Provinsi  Sumsel, serta perwakilan madrasah dan pengawas madrasah di Kota Palembang. Diskusi dalam uji publik berlangsung hangat.