Saefudin Harap, Pelatihan Bisa Meningkatkan Daya Saing ASN 
  • BDK Palembang
  • 2 November 2023
  • 113x Dilihat
  • Berita

Saefudin Harap, Pelatihan Bisa Meningkatkan Daya Saing ASN 

Bengkulu (2/11), Hari ini Kepala Balai Diklat Keagamaan Palembang menyapa peserta Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu. Melalui zoom meeting Dr. H. Saefudin, S.Ag, M.Si memberikan materi “Sistem Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Agama”.

Dihadapan 200 orang peserta PPPK, Saefudin menjelaskan tujuan pelaksanaan orientasi PPPK yang diadakan oleh BDK Palembang adalah untuk mengenalkan tugas dan fungsi yang baru pada sistem perkantoran, dimana beban tugas yang akan dijalani berbeda-beda. 

Ia juga menyampaikan pentingnya rasa bersyukur dalam menjalankan tugas selaku Aparatur Sipil Negara. “Bapak ibu sekarang sudah menjadi ASN, tentu semua yang sudah baik dalam bekerja dipertahankan bahkan harus ditingkatkan, karena ini merupakan wujud syukur kita kepada Allah yang telah mengangkat derajat dari pegawai honorer menjadi PPPK”. Pesannya.
 
ASN yang profesional dan berkompeten diperlukan untuk menghadapi arus globalisasi dan perkembangan teknologi yang semakin canggih, serta tuntutan terhadap aspek pelayanan yang transparan dan akuntabel kepada masyarakat. Untuk menjawab tantangan tersebut perlu upaya peningkatan daya saing ASN, tentunya dengan diikutkan dalam pelatihan untuk meningkatkan kompetensi. 


“Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pengembangan kompetensi bagi ASN sesuai tuntutan tugas jabatan dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yaitu dengan memberikan pelatihan” imbuhnya.


 Kepala BDK Palembang juga mengingatkan bahwa, PPPK memiliki hak yang sama dengan ASN dalam mendapatkan pengembangan kompetensi dan diharapkan dapat turut serta meningkatkan kinerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi. 


Orientasi PPPK juga mengenalkan Nilai dan Etika serta struktur organisasi pada Instansi Pemerintah. Pelaksanaan Orientasi PPPK Kanwil Kemenag Prov. Bengkulu ini terdiri dari 5 (lima) Angkatan dengan waktu selama 4 (empat) hari mulai tanggal 31 Oktober s.d 3 November 2023 yang dilaksanakan di Asrama Haji Kota Bengkulu.