Saefudin Sampaikan Amanat Menag di Peringatan HAB, Ingatkan Netralitas di Tahun Politik   
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 3 Januari 2024
  • 124x Dilihat
  • Berita

Saefudin Sampaikan Amanat Menag di Peringatan HAB, Ingatkan Netralitas di Tahun Politik  

PALEMBANG (3/1) - Sebagai puncak Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Ke-78, BDK Palembang pada Rabu (3/1) melaksanakan Apel di lapangan BDK Palembang. Apel dihadiri oleh seluruh pegawai BDK Palembang, dengan Kepala BDK Palembang Dr. H. Saefudin, S.Ag., M.Si yang bertindak sebagai Pembina Apel. Apel tersebut juga dihadiri Kasubbag Tata Usaha H. Mukmin, S.H.I., M.Sy dengan didampingi Koordinator Widyaiswara Drs. Rudi Hermawan, M.Pd., serta widyaiswara ahli utama BDK Palembang Dra. Nelly Nurmelly, M.M dan Dr. Lilis Suryani, M.Si.

 

Apel dimulai pukul 07.30 WIB, dibuka dengan laporan pemimpin apel Yevi Grata Putra, S.Kom. Jika di tahun lalu Apel Peringatan HAB dimeriahkan dengan pakaian adat, maka pada tahun ini disemarakkan dengan pakaian seragam olahraga sebagai cerminan kebersamaan Kementerian Agama. 

 

“Peringatan HAB Ke-78 mengusung Tema “Indonesia Hebat Bersama Umat” yang bermakna bahwa kita harus membersamai umat untuk menuju Indonesia yang hebat,” tutur Saefudin. “Wujud dari membersamai umat ini adalah dengan memberikan layanan sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama,” lanjut Saefudin, membacakan sambutan Menteri Agama.

 

Selain itu, Saefudin juga mengingatkan bahwa sebagai pelayan umat, setiap pegawai Kemenag harus dapat melayani dari hati, riang dan penuh pengabdian.

 

“Mari kita wujudkan birokrasi yang melayani. Kita layani umat dengan senang hati, riang gembira dan penuh pengabdian. Jadikan pelayanan umat ini sebagai “panggilan hati”, bukan semata kewajiban birokrasi. Jika pelayanan umat ini dilandasi sebagai panggilan hati, maka saya yakin dan percaya akan terwujud birokrasi yang inklusif, transparan, dan berdampak. Kita akan betul-betul bersama umat, yang berujung pada Indonesia Hebat,” sambung Kepala BDK Palembang.

 

Kepala BDK Palembang juga menghimbau agar di Tahun Politik 2024 ini, Keluarga Besar ASN Kemenag 

“Hadirin, peserta apel yang berbahagia, Pada tahun 2024 ini, kita dihadapkan pada peristiwa politik, yakni Pemilihan Umum. Agenda politik ini adalah satu hal yang lumrah dan merupakan agenda kita semua sebagai warga negara. Dalam kesempatan ini, saya mengajak untuk senantiasa menjaga diri, keluarga, dan masyarakat sekitar. Bagi ASN Kementerian Agama, jagalah netralitas sesuai dengan ketentuan perundangan,” tambahnya.

 

Apel ditutup dengan doa bersama yang dipandu oleh Dr. Syarif Husain, S.Ag., M.Si.. (rhy)