Sah! Sumsel Kini Punya Kelompok Kerja Perencana Kemenag
  • 28 Januari 2021
  • 454x Dilihat
  • Berita

Sah! Sumsel Kini Punya Kelompok Kerja Perencana Kemenag

PALEMBANG – Balai Diklat Keagamaan  Palembang pada Kamis (28/1) malam lalu telah dengan lancar membuka rangkaian kegiatan Sosialisasi Kelompok kerja Perencana dan Sosialisasi E-Dupak dan E-SKP di lingkungan Kanwil Kemenag, BDK dan PTKN Provinsi Sumsel dan Provinsi Lampung.

Kegiatan yang digelar sejak pukul 19.30 tersebut turut dihadiri oleh 14 orang analis perencana dari lingkungan Kemenag Sumsel dan 11 orang analis perencana dari lingkungan Kemenag Lampung. Pembukaan tersebut juga dihadiri oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sumsel yang diwakilkan oleh Kabag  Tata Usaha, H. Abadil, M.Si., Ketua Pokja (kelompok kerja) Perencana Nasional, Dr. Agus Sunaryo, M.Si. serta Kepala BDK Palembang, Dr. H. Syafitri Irwan, M.Pd.I.

Dalam kata sambutannya, Syafitri turut menyatakan rasa terima kasihnya karena BDK Palembang telah ditunjuk menjadi tuan rumah dari kegiatan tersebut.

“BDK merasa mendapat kepercayaan yang teramat penting dari Biro Perencana Kemenag Indonesia, karena kegiatan ini dilaksanakan secara nasional di beberapa titik dan BDK Palembang ditunjuk sebagai pelaksana di wilayah Sumbagsel,” tutur Syafitri.

Digitalisasi Dupak (daftar usul penetapan angka kredit) dan SKP (sasaran kerja pegawai) merupakan salah satu langkah efisiensi administrasi ASN perencana di lingkungan Kemenag. Acuan dari pembentukan E-Dupak dan E-SKP adalah Permenpan no.4 tahun 2020 dan PMA no.7 tahun 2020 yang mendorong digitalisasi proses administrasi.

Lebih lanjut, Dr. Agus Sunaryo, M.Si. menerangkan jika sosialisasi E-Dupak dan E-SKP telah berlangsung sejak lama dan Sumsel adalah tempat ke-28 bagi sosialisasi tersebut, disusul dengan provinsi lainnya yang juga nanti akan menggelar sosialisasi, seperti Bengkulu, Babel, Gorontalo dan Sulawesi Utara.

Agus menyatakan jika pemanfaatan E-Dupak dan E-SKP akan mulai efektif diberlakukan terhitung sejak akhir Januari 2021, dan diharapkan akan mempermudah proses pengajuan angka kredit dan keberlanjutan karier ASN Perencana di lingkungan Kemenag Republik Indonesia. Sebelumnya, proses pengurusan angka kredit selama ini dikumpulkan dengan basis laporan cetak, namun E-Dupak dan E-SKP akan mengalihkannya menjadi paperless sehingga pengumpulan angka kredit dapat dilakukan secara remote melalui satu portal yang sama.

Kegiatan malam tersebut bukan hanya membuka sosialisasi E-Dupak dan E-SKP, tetapi juga menjadi malam pengukuhan bagi kelompok kerja (pokja) perencana Sumsel.

Sebanyak 14 orang ASN perencana di Sumsel dikukuhkan ke dalam kepengurusan Pokja Perencana Sumsel lewat Keputusan Kanwil Kemenag Sumsel No.253 Tahun 2021. Dasrial, S.E., M.M dibaiat menjadi Ketua Pokja Perencana Sumsel, dengan Abdul Samad, S.Ag., M.A. sebagai wakil ketua.

Diharapkan nantinya, Pokja Sumsel yang baru dilantik ini akan dapat berpartisipasi di kancah nasional, baik di PPPI (Perkumpulan Perencana Pembangunan Indonesia) maupun Pokjanas Perencana Kemenag. Agus juga membeberkan jika di antara akhir Februari hingga Maret mendatang akan digelar musyawarah pemilihan ketua pokjanas.