Sambangi Kanwil DJPb Sumsel, BDK Palembang akan Replikasi Aplikasi TEKWAN
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 20 Maret 2023
  • 246x Dilihat
  • Berita

Sambangi Kanwil DJPb Sumsel, BDK Palembang akan Replikasi Aplikasi TEKWAN

PALEMBANG (20/3) - Dalam rangka menyongsong Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Sumsel mengundang BDK Palembang untuk bertandang ke kantor mereka. Undangan tersebut bertujuan untuk memberikan pemaparan dan simulasi aplikasi inovasi Kanwil DJPb Sumsel, yaitu TEKWAN (Telaah LK UAKPA/W dan Penilaian) kepada BDK Palembang yang akan mereplikasi inovasi tersebut di lingkungan BDK Palembang. Replikasi inovasi oleh satker pemerintahan lain merupakan salah satu syarat utama agar sebuah satker dapat memperoleh predikat WBBM. 


Muhammad Syukur, Kabid Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Kanwil DJPb Sumsel menyambut kedatangan tim BDK Palembang pada Senin (20/3) pagi. Selain Syukur, turut pula hadir staf Kanwil DJPb Sumsel yang lain, antara lain Agus Hendartono, Safira Putri Anugerah dan Bahrian Kansiro. Pemaparan tersebut digelar di Ruang Rapat Lantai 2 Gedung Kanwil DJPb Sumsel. 


“Tadinya Bu Kanwil (DJPb Sumsel) yang akan memberikan sambutan, tapi beliau kebetulan hari ini ada kunjungan dengan DPR, jadi beliau mewakilkan kepada saya,” terang Syukur. Kepada tim BDK Palembang, Syukur menjelaskan jika tujuan pertemuan itu adalah memberikan gambaran kepada tim BDK Palembang tentang apa itu aplikasi TEKWAN, bagaimana cara kerjanya dan apa kegunaannya dalam pekerjaan kantor sehari-hari. 


Paparan tentang aplikasi TEKWAN dibawakan oleh Bahrian yang merupakan pengembang dari aplikasi tersebut. Bahrian menjelaskan jika TEKWAN dapat membantu bidang keuangan di kantor dalam membuat penyusunan dan penelaahan laporan keuangan satker menjadi lebih mudah, cepat dan akurat 


“Aplikasi ini awalnya dikembangkan untuk mempermudah pekerjaan kantor kami,” tutur Bahrian. “Aplikasi ini pernah diperlombakan di lingkup Kanwil DJPb se-Indonesia, jurinya dari Kantor Pusat DJPb, dan menjadi aplikasi terbaik pada saat itu”. Pria yang akrab disapa Rian tersebut menceritakan bahwa TEKWAN memperoleh apresiasi dari pihak DJPb pusat, dan menjadi aplikasi inovasi terbaik pada saat itu. 


Kepada Tim BDK Palembang, Rian menjamin jika aplikasi TEKWAN akan dapat membantu bagian keuangan dalam menelaahn laporan. Menurutnya, sembari mendemonstrasikan penggunaannya, aplikasi TEKWAN bersifat user-friendly dan praktis untuk dipergunakan. 


Sebagai langkah dalam mereplikasi aplikasi TEKWAN, Kanwil DJPb Sumsel merencanakan kunjungan balik ke BDK Palembang pada 29 Maret mendatang. Dalam kunjungan tersebut, Kepala Kanwil DJPb Sumsel Lydia Kurniawati Christyana, M.M. direncanakan hadir langsung dengan agenda diskusi dan penandatanganan MoU terkait replikasi inovasi aplikasi TEKWAN di lingkungan BDK Palembang.