Sambangi Lokasi PDWK Bangka, Saefudin Isi Materi Pelatihan
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 2 Februari 2023
  • 137x Dilihat
  • Berita

Sambangi Lokasi PDWK Bangka, Saefudin Isi Materi Pelatihan

SUNGAILIAT (2/2) – Di sela-sela kesibukannya, Kepala BDK Palembang Dr. H. Saefudin, S.Ag., M.Si., menyempatkan diri untuk menyambangi lokasi PDWK Tematik MI Angkatan IV dan Revolusi Mental Angkatan II di Kabupaten Bangka pada Rabu (1/2) lalu. Kedatangannya bertujuan untuk menyampaikan materi kediklatan yang ia ajar kepada 80 orang peserta pelatihan. 


Saefudin mengajar secara bergantian di dua ruang kelas MTsN 1 Bangka yang menjadi lokasi PDWK. Kepada peserta, ia menyampaikan beberapa wejangan, khususnya peserta yang berlatar belakang guru madrasah. 


“Kepada pra guru saya sampaikan, kami (BDK Palembang) membuat pelatihan tidak kurang dari 127 angkatan pada tahun 2023. Tujuannya tak lain adalah untuk mencetak guru-guru profesional,” ungkap laki-laki kelahiran Gresik, Jawa Timur tersebut. Menurutnya, guru yang professional bukan hanya guru yang mampu mengajar dan mengantarkan anak-anak didiknya menjadi peringkat satu. 


“Lebih dari itu, guru yang profesional adalah guru yang hadir mendampingi, mengajak berkomunikasi, mengajak ngobrol, sehingga terbentuk akhlak anak didiknya,” pungkas Saefudin. 


Sementara kepada peserta berlatar belakang penyuluh agama, ia mengatakan jika penyuluh adalah “wartawan” Kemenag. Penyuluh harus memiliki wawasan yang luas, tidak hanya terbatas pada masalah keagamaan, tetapi juga pengetahuan tentang permasalahan kontemporer apapun yang sedang hangat dibicarakan publik. Terakhir, Saefudin berpesan bahwa segenap pegawai Kemenag harus siap beradaptasi dengan dua hal, yaitu transformasi digital dan peningkatan kualitas pelayanan publik. 


PDWK Pembelajaran Tematik MI Angkatan IV dan Revolusi Mental Angkatan II direncanakan berlangsung hingga Sabtu (4/2) mendatang. Sesuai dengan instruksi kepala BDK Palembang, setiap peserta akan menerima sertifikat tanda tamat pelatihan pada hari terakhir penutupan. (Ed_)