Senyum Bahagia CPNS Kala Sertifikat Latsar Selesai Dicetak
  • 13 Januari 2022
  • 741x Dilihat
  • Berita

Senyum Bahagia CPNS Kala Sertifikat Latsar Selesai Dicetak

KAMIS (13/1) - Setiap hari, BDK Palembang kedatangan alumni peserta Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) yang berasal dari angkatan I s.d XIV dari provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu dan Kepulauan Bangka Belitung. Semua peserta Latsar tersebut berdatangan ke BDK Palembang karena sertifikat Latsar CPNS yang mereka nanti-nanti telah selesai ditandatangani.

Latsar yang mereka ikuti meliputi Tahap 1 Distance Learning selama 22 hari, Tahap 2 Habituasi selama 30 hari dan Tahap 3 Pembelajaran Klasikal selama 6 hari. Rangkaian Latsar tersebut ditutup dengan ujian rancangan aktualisasi dan evaluasi seminar aktualisasi. Semua proses pembelajaran tersebut akhirnya telah terangkum dalam sertifikat Latsar yang dicetak.

Sertifikat ini sangat penting bagi CPNS, karena menjadi pemenuh syarat untuk menjadi Pegawai PNS. Peningkatan status CPNS ke PNS berdampak pada beberapa hal, seperti kenaikan gaji dan tunjangan kinerja dari 80% menjadi 100%. Selain sertifikat Latsar, CPSN juga perlu menyiapkan berkas-berkas lain seperti SK CPNS, surat kesehatan dari rumah sakit pemerintah dan fotokopi sertifikat lulus pelatihan dasar CPNS yang telah dilegalisir.

Pengambilan sertifikat di aBDK Palembang bisa diambil sendiri atau diwakilkan dengan melampirkan surat kuasa.