Setiap Detik Menit Hidupmu Jadikan Bermakna
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 28 Februari 2023
  • 655x Dilihat
  • Berita

Setiap Detik Menit Hidupmu Jadikan Bermakna

Senin (27/2), Balai Diklat Keagamaan Palembang seperti biasa mengadakan apel pagi di minggu terakhir bulan Februari 2023. Kali ini pembina apel Dedy Darmawan, M.Pd, hadir juga Kasubbag Tata Usaha Mukmin, S.H.I, M.Sy, widyaiswara, pegawai ASN dan Non ASN BDK Palembang. 


Pada kesempatan ini Dedy menceritakan kisah "Seorang buruh bangunan", dimana buruh bangunan ini selalu bekerja dengan profesional dan hasil kerjanya selalu istimewa, bagus dan maksimal. Setelah bertahun tahun bekerja ia menjadi bosan dengan pekerjaannya yang menjenuhkan dan mengajukan pensiun kepada atasannya. 


Tetapi atasannya menolak pengajuan tersebut dan berharap buruh ini dapat melakukan satu pekerjaan rumah lagi sebelum pensiun. Dengan berat hati buruh tersebut menerima tawaran atasannya. Ia pun dalam bekerja tidak serius, ogah-ogahan, dikarenakan menyimpan rasa kesal dalam bekerja. 


Akhirnya pekerjaannya selesai tetapi tidak maksimal. Ia pun melaporkan kepada atasannya bahwa proyeknya sudah selesai. Betapa terkejutnya ia ketika atasan mengatakan bahwa rumah tersebut untuk dirinya. Yang diberikan oleh perusahaan kepada buruh itu sebagai apresiasi atau penghargaan untuk dirinya, karena selama ini telah bekerja dengan baik di perusahaan tersebut. 


Alangkah menyesalnya buruh itu setelah mengetahui ini. "Ia menyesal karena tidak maksimal dalam melaksanakan tugasnya. Seandainya dia tau rumah itu untuk dirinya maka dia akan buat rumah yang sebagus-bagusnya, tentunya juga dengan bahan dan desain yang istimewa" tutur Dedy di depan peserta apel. 


Dedy menyimpulkan dari kisah ini "Bahwa di dalam bekerja dan melaksanakan tugas sehari-hari berikanlah yang terbaik untuk diri kita, instansi juga negara karena kita yakin apapun yang kita lakukan semuanya akan kembali kepada kita" tambahnya. 


Seperti rasulnya mengatakan "Barang siapa yang melakukan kebaikan maka kebaikan itu akan kembali kepada diri kita sendiri dan barang siapa yang melakukan kejahatan maka kejahatan itu akan kembali pada dirinya sendiri" pesannya. 


"Setiap detik, menit hidupmu jadikan bermakna" pungkasnya sembari menutup apel pagi. 


Pemimpin apel kali ini Hapizin, S.Ag, pembaca do'a Muhammad Thontowi, S.Ag dan Helza Mardian, M.Pd selaku MC.