Stafsus Menag: Seluruh ASN Kemenag adalah Humas, dan Harus Responsif Perkebangan Dunia Digital
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 7 April 2023
  • 214x Dilihat
  • Berita

Stafsus Menag: Seluruh ASN Kemenag adalah Humas, dan Harus Responsif Perkebangan Dunia Digital

Palembang, humas 


Stafsus Menteri Agama RI Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo menyampaikan bahwa seluruh ASN Kemenag sejatinya adalah humas. Dimana ASN menjadi pihak yang menjernihkan suasana bila ada berita hoax terkait Kementerian Agama. Selain itu, ASN Kemenag juga diminta untuk responsif terhadap perkembangan dunia digital. Hal tersebut disampaikannya saat melakukan pembinaan pada seluruh ASN Kemenag Sumsel di Hotel Beston Palembang (6/4). 


"Saat ini kita sedang berada di dunia yang semuanya tanpa sekat atau batas (borderless). Untuk itu humas harus cepat merespon perkembangan dunia digital, siapa yang tidak siap tergilas." Ujar Wibowo. 


Wibowo menyampaikan salah satu program Kemenag adalah tranformasi digital untuk itu ia meminta ASN dapat menguasai teknologi informasi , karena menurutnya komunikasi dan informasi publik merupakan kekuatan utama menuju reputasi institusi dalam hal ini Kementerian Agama. 


" Humas itu adalah etalasenya Kemenag, bagaimana membuat Kemenag tampil cerah, lebih baik dari sebelumnya, menyampikan kebijakan-kebijakan Kementerian Agama pada Masyarakat, capaian Kementerian Agama" Ujarnya lagi 


Dikatakan oleh Wibowo pula bahwa selain melakukan tranformasi digital, Kemenag telah melakukan langkah langkah perubahan. Menurutnya Kemenag sudah mengalami perubahan sejak Gusmen Yaqut Cholil Qoumas dilantik, ia merubah pandangan menjadi Kementerian Agama yang bukan untuk satu Agama saja tapi untuk semua Agama. 


Dikatakannya bahwa Kementerian Agama adalah milik masyarakat Indonesia yang beragam baik Agama, maupun adat istiadat. "Dulu orang menilai Kemenag khusus melayani umat Islam, kesan yang muncul bias Islamnya lebih kental. Pandangan itu saat ini berubah. Saya juga perlu  menyampaikan apa yang disampaikan Gusmen yaitu Jadikanlah Agama sebagai inspirasi bukan aspirasi." Ujarnya 


Pada kesempatan tersebut Kakanwil Kemenag Sumsel Syafitri irwan menyampaiakan selamat datang kepada Stafsus Menteri Agama , serta dapat memberikan wejangan kepada ASN Kemenag Sumsel bagàimana memproyeksikan kualitas layanan publik lebih baik lagi. 


Hadir dalam pembinaan ASN Kemenag tersebut Ahmad Zakarsi Ketua GP Ansor Prov. Sumsel sebagai moderator diskusi dan Kepala Balai Diklat Keagamaan Palembang H. Saefudin. Hadir pula pada kesempatan tersebut seluruh Kabid dan Pembimas, Kepala Kankemenag Kab/kota, Kepala Madrasah se Sumatera Selatan.