STRATEGI MENINGKATKAN PERAN GURU SEBAGAI “AGENT OF CHANGE” DI SEKOLAH  Oleh: Riduwan
  • 2 November 2020
  • 4321x Dilihat
  • Artikel

STRATEGI MENINGKATKAN PERAN GURU SEBAGAI “AGENT OF CHANGE” DI SEKOLAH Oleh: Riduwan

STRATEGI MENINGKATKAN PERAN GURU SEBAGAI “AGENT OF CHANGE” DI SEKOLAH

Oleh: Riduwan

 

Pendahuluan

Untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu, maka dibutuhkan agen perubahan (agent of change). Agen perubahan dalam lingkup pendidikan di sekolah adalah para guru. Dalam lembaga pendidikan di sekolah guru merupakan panglima utama yang bertugas membawa perubahan peserta didik yang pada awalnya tidak tahu menjadi tahu dari hasil proses kegiatan belajar dan mengajar serta penerapan nilai-nilai positif, baik secara privat maupun publik yang dilaksanakan secara profesional.

Aspek perubahan yang dilakukan guru terhadap peserta didiknya tentu tidak hanya pada aspek kognitifnya saja, tetapi juga pada aspek afektif dan psikomotoriknya. Hal ini sebagaimana ditegaskan oleh Sunaryo (1989), bahwa belajar merupakan suatu kegiatan dimana seseorang membuat atau menghasilkan suatu perubahan tingkah laku yang ada pada dirinya dalam pengatahuan, sikap, dan keterampilan.

Namun, diantara para guru sebagai agen perubahan dalam melaksanakan tugasnya terdapat beberapa kegiatan pembelajaran yang lebih fokus pada aspek kognitif saja, dan situasi kelas belum mewujudkan proses pembelajaran yang bermakna. Disamping itu, kondisi kualitas guru di Indonesia secara makro masih belum terberdayakan secara maksimal, dan diantara faktor kunci penyebabnya adalah kondisi mentalitas, motivasi atau dorongon internal guru untuk terus belajar, berinovasi dalam pembelajaran dan terus mengikuti perkembangan iptek terkini masih relatif rendah (Oemar, H., 2002; Tilaar, 2002; Wahab, A.A., 2007). Melihat kondisi di atas, lalu bagaimanakah strategi meningkatkan peran guru sebagai agen perubahan dalam pendidikan di sekolah?

 

Agen Perubahan (Agent of Change)

Menurut Rogers (1995), agen perubahan adalah petugas profesional yang mempengaruhi putusan inovasi para anggota masyarakat menurut arah yang diinginkan oleh lembaga perubahan. Jadi, semua orang yang bekerja untuk mempelopori, merencanakan, dan melaksanakan perubahan sosial adalah termasuk agen-agen perubahan. 

Versi Lengkap Download disini 

/upload/files/Web%3DSTRATEGI%20MENINGKATKAN%20PERAN%20GURU%20SEBAGAI%20%E2%80%9CAGENT%20OF%20CHANGE%E2%80%9D%20DI%20SEKOLAH.pdf