Suyitno Berbagi Tips Cara Membuat Berita yang Benar dan Menarik
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 8 Desember 2022
  • 234x Dilihat
  • Berita

Suyitno Berbagi Tips Cara Membuat Berita yang Benar dan Menarik

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia Prof. Dr. Suyitno, M.Ag saat membuka Bimbingan Teknis Penulisan Berita Website menyatakan Humas selaku penulis berita melalui media harus bisa mengirim ruang publik dalam bentuk tulisan. "Sebuah berita pada dunia media dimata pembaca dianggap penting" ungkapnya. 


Suyitno menyampaikan "Media lebih efektif dalam menyebarkan informasi. Media berbasis digital menjadi alat yg sangat efektif untuk melakukan hal-hal negatif. Untuk itu, selaku Publik Relation penulisan ini sangat penting karena sasaran berita harus cepat, tepat, netral dan sepihak, tidak mengadu domba dan penodaan menghina" pesannya. 


Lebih lanjut Suyitno menyampaikan ada beberapa hal penting dalam pembuatan berita, yaitu  berita harus berbasis fakta (bukan berita bohong), penulisan menarik, hiperbolis dan tidak menggunakan bahasa baku, dari sumber yg dapat dipercaya, dan berbasis kekinian atau tidak basi. 


Pelaksanaan Bimtek ini diikuti oleh 30 orang peserta dari Puslitbang, Balai Litbang, Balai Diklat Keagamaan, Lajnah dan Loka Diklat. BDK Palembang menugaskan Yeni Lesmana Dewi, SE untuk mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai dari tanggal 8 s.d 10 Desember 2022 yang bertempat di Amaroosa Royal Hotel Bogor