Tanpa Disadari Kita Telah Menghasilkan Inovasi Namun Lupa Terdokumentasi
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 27 Februari 2023
  • 135x Dilihat
  • Berita

Tanpa Disadari Kita Telah Menghasilkan Inovasi Namun Lupa Terdokumentasi

MUNTOK (27/2)- Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi lokasi pelaksanaan Pelatihan Diwilayah Kerja BDK Palembang dengan dibagi menjadi  beberapa titik pelaksanaan yaitu Kementerian Agama Belitung Timur sebanyak 1 Angkatan, Kementerian Agama Bangka Barat  sebanyak 1 Angkatan, Kementerian Agama Bangka Selatan sebanyak 1 Angkatan, Kementerian Agama Bangka Tengah sebanyak 1 Angkatan dan Kementerian Agama Kabupaten Belitung sebanyak 1 angkatan. 


Dalam pelaksanaan pelatihan di Wilayah Kemenag Kab. Bangka Barat dibuka langsung oleh H. Syarifudin, S.Ag., M.Pd.I Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kabupaten Bangka Barat didampingi oleh Yuli Herwansya Kasubbag Tata Usaha, Bandar,S.E.,M.M. (Ketua Panitia). 


Pembukaan Pelatihan diawali dengan penyampaian laporan ketua yang disampaikan oleh Bandar., S.E., M.M.. 


Dalam mengawali laporan ketuanya dengan menyampaikan rasa terima kasih atas kerjasama dari semua pihak yang terlibat terutama Kepala Kantor Kemenag Kab. Bangka Barat dan  Kepala MAN 1 Bangka Barat sehingga terselenggaranya pelatihan ini. 


“Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak yang terkait dalam terselenggaranya pelatihan Inovasi Madrasah Angkatan 1 terutama kepada Kepala Kantor Kemenag Kab. Bangka Barat dan  Kepala MAN 1 Kab. Bangka Barat" ujarnya. 


Beliau juga menyampaikan bahwa terdapat 40 orang peserta yang mengikuti pelatihan yang terdiri dari guru-guru MI, MTS, dan MA baik Negeri dan Swasta dalam lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Bangka Barat. 


“Untuk pelaksanaan pelatihan yang akan dilaksanakan dari tanggal 27 Februari sampai dengan 04 Maret 2023 dengan 60 Jam Pelajaran diikuti oleh 40 Orang peserta yang merupakan guru-guru Madrasah diwilayah Kementerian Agama Kabupaten Bangka Barat.” Tambahnya. 


Untuk semakin mengakrabkan diri dengan peserta, Bandar pun memperkenalkan panitia dan widyaiswara pada pelatihan Inovasi Madrasah Angkatan 1. 


“Kami juga memperkenalkan panitia dan widyaiswara pada pelatihan ini yaitu Widyaiswara Dr. Lilis Suryani, M.S.I., Dr. Drs. M. Soif, M.Pd.I dan Panitia Bandar,S.E.,M.M., Prasetyo Nugraha, S.Th.I., M.H.I., Sri Rahayu, S.Kom. dan  Zulkarnain.” Ungkapnya. 


Setelah pembacaaan Laporan Ketua dilanjutkan dengan Kata Sambutan sekaligus pembukaan Pelatihan dari  H. Syarifudin, S.Ag., M.Pd.I Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Barat, beliau juga mengucapkan hal sama dalam memulai sambutannya yaitu ucapan terimakasih kepada panitia dan widyaiswara dari BDK Palembang. 


“Kami ucapkan terima kasih atas kedatangan dari panitia dan widyaiswara di Kemenag Kabupaten Bangka Barat untuk memberikan pelatihan Inovasi Madrasah Angkatan 1”. 


Dalam sambutannya beliau mengingatkan bahwa sesungguhnya guru-guru telah melakukan beberapa inovasi dalam pembelajaran hanya saja tidak terdokumentasi dengan baik. 


“Bapak/Ibu peserta semua yang terdiri dari guru-guru MI, MTs, dan MA sesungguhnya telah melakukan inovasi dalam pembelajaran, namun bapak/ibu biasanya terlupa dalam mendokumentasikan inovasi tersebut. Sehingga dengan adanya pelatihan Inovasi Madrasah diharapkan dapat memberikan arahan agara inovasi yang telah dibuat bapak/ibu dapat terdokumentasi, bahkan tentunya dapat melahirkan inovasi yang baru dan bermanfaat banyak bagi peseta didik.” 


Syarifudin juga menyampaikan bahwa bahwa (28/02) lusa dengan bertempat di MAN 1 Bangka Barat juga akan dilaksanakan Cat IPMB (Indeks Profesionalisme Moderasi Beragama) 


“Bertepatan dengan pelaksanaan CAT IPMB yang terjadwal pada 28/02 lusa dan bertempat di MAN 1 Bangka Barat diikuti oleh 8 orang dari Kemenag Kab. Bangka Barat dan ikut bergabung sebanyak 3 orang dari BDK Palembang akan dilaksanakan CAT IPMB” 


Diakhir sambutannya beliau pun membuka pelatihan dengan sama-sama mengucap “Basmallah”, maka pelatihan resmi dibuka oleh Kepala Kemenag Kabupaten Bangka Barat.