TEMATIK TERPADU: TEORI BELAJAR DAN IMPLEMENTASINYA
  • 26 Agustus 2020
  • 3329x Dilihat
  • Artikel

TEMATIK TERPADU: TEORI BELAJAR DAN IMPLEMENTASINYA

TEMATIK TERPADU: TEORI BELAJAR DAN IMPLEMENTASINYA

Dr. Agustina, M.Pd.

WI Ahli Muda BDK Palembang

Abstrak

Pada implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar/MI, guru harus menggunakan pembelajaran tematik terpadu atau terintegrasi. Artikel ini menjawab pertanyaan, 1) Teori belajar apa yang mendasari penggunaan tematik terpadu di sekolah dasar mulai dari kelas 1 sampai kelas VI?, dan 2) Bagaimana mengembangkan RPP tematik terpadu/terintegrasi (mulai dari menetapkan kompetensi, materi, proses dan evaluasi) di Sekolah Dasar? Dalam artikel dijabarkan teori-teori belajar yang relevan dengan pembelajaran tematik terpadu atau terintegrasi, diantaranya adalah Teori Belajar Konstruktivisme, Teori Perkembangan Kognitif Piaget, Metode Pengajaran John Dewey, Teori Pemprosesan Informasi, Teori belajar bermakna David Ausubel, Teori Penemuan Jerome Bruner, Teori Pembelajaran Sosial Vygotsky, dan Teori Pembelajaran Perilaku oleh Skinner. Juga diuraikan bagaimana sebaiknya pengembangan RPP tematik terpadu/terintegrasi dilakukan oleh para guru. 

Kata Kunci: Kurikulum 2013, Tematik Terpadu

 

  • Pendahuluan

Pada implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar/MI, guru harus menggunakan pembelajaran tematik terpadu atau terintegrasi. Artikel ini menjawab pertanyaan, 1) Teori belajar apa yang mendasari penggunaan tematik terpadu di sekolah dasar mulai dari kelas 1 sampai kelas VI?, dan 2) Bagaimana mengembangkan RPP tematik terpadu/terintegrasi (mulai dari menetapkan kompetensi, materi, proses dan evaluasi) di Sekolah Dasar?

II. Pembahasan

  • Teori Belajar yang Relevan dengan Tematik Terpadu

Teori belajar menurut merupakan pandangan yang terpadu lagi sistematik dalam hubungannya dengan hakikat dari proses dimana orang-orang berhubungan dengan lingkungan mereka dalam suatu cara untuk meningkatkan kemampuan mereka menggunakan diri mereka sendiri dalam lingkungannya secara efektif (Bigge dalam Rusman, 2015: 45). Adapun teori belajar yang mendasari penggunaan tematik terpadu di sekolah dasar mulai dari kelas 1 sampai kelas VI adalah merupakan gabungan berbagai teori belajar yang dijelaskan sebagai berikut:

Versi Lengkap Silakan Download disini /upload/files/ARTIKEL%20WEB%20AGUSTINA%20AGUSTUS.pdf