Tim eL-TV Kembangkan Kompetensi, Belajar Langsung pada PALTV   
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 12 Desember 2023
  • 276x Dilihat
  • Berita

Tim eL-TV Kembangkan Kompetensi, Belajar Langsung pada PALTV  

PALEMBANG (12/12) – Sesuai dengan arahan dari Badan Litbang dan Diklat Kemenag Palembang, salah satu inovasi BDK Palembang, yaitu BDK TV, kini beralih nama menjadi eL-TV. Kanal informasi video ini nantinya akan menjadi wadah bagi konten pelatihan, termasuk konten MOOC Pintar, beserta konten informatif lainnya seputar kegiatan di lingkungan BDK Palembang.

 

Untuk mengemban misi yang besar tersebut, BDK Palembang melakukan pengembangan sarana dan prasana studio eL-TV, termasuk pengembangan SDM pengeola eL-TV. Oleh karena itu, Kepala BDK Palembang Dr. H. Saefudin, S.Ag., M.Si. turut bekerjasama dengan PALTV, siaran televisi lokal Palembang untuk mengembangkan pengetahuan pengelola eL-TV.

 

“Ini saya datangkan pelatih biar banyak manfaat. Anda tinggal menyerap ilmu dari Pak Juliadi yang sudah menjadi praktisi pertelevisian,” ujar Saefudin dalam sambutannya kepada pengurus eL-TV dan Tim Pal TV pada Selasa (13/12) lalu di Studio eL-TV. “Tentu saja ini tidak akan selesai di pertemuan ini, sehingga nanti aka nada pertemuan-pertemuan (bimbingan) berikutnya,” lanjut Saefudin.

 

Di lain sisi, Tim PALTV diwakili oleh Juliadi, Manajer Program PALTV menyampaikan terima kasih karena telah diundang sebagai narasumber. Sebelum bertugas sebagau manajer program PALTV, Juliadi pernah berkarier sebagai juru kamera Kompas TV selama 5 tahun. Kunjungannya pada hari itu beragendakan penyampaian materi dasar pelaksanaan program televisi serta pembahasan teknis terkait peralatan dan perlengkapan siaran.

 

Juliadi menjelaskan jika setiap program televisi dipimpin dan diarahkan oleh seorang produser yang dibantu oleh tim. Tahapan produksi konten sendiri terdiri dari 3 tahap, meliputi pra produksi, produksi dan pasca produksi. Materi yang disampaikan Juliadi disimak dengan seksama oleh para pengurus eL-TV.

 

BDK Palembang sendiri sebelumnya telah menjalin kerjasama dengan PALTV terkait penyiaran konten, dimana konten video BDK Palembang disiarkan dalam berita PALTV secara berkala 3 kali dalam seminggu. Ke depannya, BDK Palembang akan menyuplai PALTV dengan konten-konten informasi pelatihan, termasuk pelatihan di wilayah kerja (PDWK). (Ed_)