Transformasi Pelatihan dengan e-Learning
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 16 Februari 2023
  • 140x Dilihat
  • Berita

Transformasi Pelatihan dengan e-Learning

Lombok, 16/02. Badan Penelitian Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan (Balitbang Diklat) Kementerian Agama RI melalui Pusdiklat Tenaga Administrasi mengadakan kegiatan Koordinasi Program Pelatihan Tenaga Administrasi Kementerian Agama RI. Kegiatan ini di adakan di Ballroom Lombok Raya Hotel, Nusa Tenggara Barat. 


Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi, Syafi’i, yang dimana selaku Ketua Penyelenggara pada kegiatan ini turut mengundang Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Sekretaris Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Seluruh Indonesia dan Kepala Balai serta Kepala Loka Diklat Keagamaan beserta para Jabatan Fungsional Perencana Diklat Keagamaan seluruh Indonesia. 


Tema kegiatan yakni “Peningkatan Profesionalisme ASN melalui Transformasi Pelatihan Tenaga Administrasi” dan pada kesempatan kali ini, H.Saefudin,S.Ag,M.Si selaku Kepala Balai Diklat Keagamaan Palembang bersama Nyimas Hikmah Susanti, S.Sos,M.Si selaku Perencana Ahli Muda BDK Palembang ikut menghadiri kegiatan Koordinasi ini. 


Acara pembuka pada hari ini dimulai dengan menyanyikan lagu indonesia raya dan mars Kementerian Agama, lalu Pembacaan doa dan lantunan ayat suci alquran, kemudian Pembacaan Laporan Penyelenggaraan oleh Kapus Diklat Tenaga Administrasi setelah itu Sambutan oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTB diwakili oleh Kabag TU, dan sekaligus memberikan Sambutan serta Pembukaan Secara resmi oleh Kepala Balitbang dan Diklat Kementerian Agama, Prof.Dr.Suyitno,M.Ag. 


Ada hal menjadi garis bawah oleh Suyitno, terkait transformasi pelatihan yang dilakukan oleh Balai dan Loka Diklat Keagamaan, “Pelatihan yang akan diadakan kedepannya diharapkan lebih banyak berbentuk e-learning, mengacu kepada yang dilakukan oleh LAN RI, yakni melakukan pelatihan melalui MOOC” 


Suyitno mengatakan “Jangan ragu mengundang Widyaiswara dari luar Kemenag jika Balai atau Loka Diklat tersebut tidak memiliki WI untuk memenuhi kualifikasi pelatihan atau materi yg akan disampaikan. Selain itu, WI internal juga akan di dorong untuk mengikuti pelatihan pendek (short course) yang sesuai bidangnya melalui pemilihan selektif, sehingga saya ingin WI kita tidak hanya fokus mengajar tapi harus terus tetap belajar”. 


Kegiatan dibuka dengan lancar tanpa hambatan dan akan berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 16 sampai dengan 18 Februari 2023 dimana narasumber yang akan ikut serta yakni dari Lembaga Administrasi Negara RI, Kementerian PAN RB, dan Badan Pendidikan Pelatihan Kementerian Keuangan RI.