Trik mencari Angle dalam penulisan berita
  • BDK Palembang
  • 10 Desember 2022
  • 2692x Dilihat
  • Berita

Trik mencari Angle dalam penulisan berita

Angle merupakan sudut pandang terhadap sebuah peristiwa atau isu yang akan ditulis. "Tak perlu khawatir mencari angle, dengan mengutak atik pakem 5W1H akan terlihat betapa banyak sekali pilihan angle yang tersedia" ujar Fitriyan Zamzami koordinator Republika selaku narasumber pada Bimbingan Teknis Penulisan Berita Website. 


Fitrian menyampaikan penulis dapat membuat angle dari kombinasi "who" dan "where" (siapa dan dimana kejadiannya), "why" dan "when" (motifnya apa dan kapan peristiwanya), "what" dan "how" (apa dan bagaimana) dan banyak lagi kombinasinya. 


"Seorang penulis boleh memiliki ide, narasumber dan riset yang sama namun bila memiliki angle yang unik akan menghasilkan karya tulis yang baik" tuturnya. 


Pria kelahiran Demak ini menambahkan bahwa berita yang menarik yaitu dengan mengedepankan "who" dan "why". Penguatan dan pengantar penegasan lead, kutipan, inti artikel, kutipan, informasi tambahan (pendukung) dan penutup. 


Bimtek Penulisan Berita Website ini diikuti oleh 30 orang peserta Humas se-Indonesia dibawah naungan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 8 s.d 10 Desember 2022 bertempat di Amaroosse Royal Hotel Bogor, Jawa Barat