Tutup Pelatihan, Plh. Kepala Balai Ingatkan Pentingnya Menjaga Toleransi
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 8 Juli 2023
  • 119x Dilihat
  • Berita

Tutup Pelatihan, Plh. Kepala Balai Ingatkan Pentingnya Menjaga Toleransi

PALEMBANG (8/7) – Ketiga angkatan Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama yang diselenggarakan BDK Palembang sejak Senin (3/7) lalu kini ditutup. Penutupan berlangsung pada hari sabtu (8/7) di Aula BDK Palembang, dihadiri oleh Plh. Kepala BDK Palembang Drs. Rudi Hermawan, M.Pd., Plh. Kasubbag Tata Usaha Iwan Sugianto, S.Kom., M.Pd.I., beserta segenap panitia pelatihan dan peserta.


Hapizin, S.Ag., Ketua Panitia Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama bagi Penyuluh Angkatan I membacakan laporan penutupan ketua. Pelatihan pada pekan ini diikuti sebanyak 115 peserta dari latar belakang tenaga pendidikan, tenaga penyuluh dan staf administrasi.


Salah satu peserta, Ali, S.Ag., mewakili rekan-rekannya untuk menyampaikan pesan kesan alumni pelatihan. “Alhamdulillah, di antara kita (peserta pelatihan) terbentuk persaudaraan. Banyak kesan yang saya temui selama mengikuti pelatihan. Semoga kebersamaan kita disini akan menjadi kebersamaan di masyarakat,” tukas penyuluh agama asal Kota Palembang tersebut.


Di sisi lain, Rudi Hermawan selaku Plh. Kepala BDK Palembang menyampaikan beberapa patah kalimat sebelum menutup pelatihan secara resmi. Ia mengingatkan agar para peserta pelatihan tidak gampang terprovokasi pesan-pesan negatif yang dapat mengarah pada perpecahan dan intoleransi.


“Sebagai corong Kemenag, tolong Bapak dan Ibu jangan mudah terprovokasi dan tidak memprovokasi,” ujar Rudi. “Dialog antar agama atau sesama agama penting sekali untuk menjaga keharmonisan.”


Pelatihan ditutup secara simbolis dengan penanggalan tanda peserta oleh Plh. Kepala BDK Palembang, Plh. Kasubbag Tata Usaha dan ketua panitia pelatihan. Pada pekan berikutnya, BDK Palembang akan kembali melaksanakan sebanyak 3 angkatan Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama. (Ed_)