Upacara Hari Guru, Saefudin Sampaikan Apresiasi Menteri Agama Kepada Guru Indonesia
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 25 November 2023
  • 65x Dilihat
  • Berita

Upacara Hari Guru, Saefudin Sampaikan Apresiasi Menteri Agama Kepada Guru Indonesia

PALEMBANG (25/11) – Pada akhir pekan ini, tepatnya pada Sabtu (25/11), pegawai BDK Palembang menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2023. Upacara tersebut dihadiri segenap pegawai BDK Palembang, yang masing-masing mengenakan pakaian adat berbagai daerah di Nusantara.

 

Kepala BDK Palembang, Dr. H. Saefudin, S.Ag., M.Si. menghadiri langsung upacara sebagai pembina, didampingi oleh Kasubbag Tata Usaha BDK Palembang H. Mukmin, S.H.I., M.Sy. Saefudin yang hadir dalam busana tanjak Palembang turut menyampaikan amanat Menteri Agama khusus dalam peringatan Hari Guru. Dalam amanat tersebut, Saefudin menyampaikan jika guru memiliki peran utama dalam menyambut bonus demografi, menyongsong Indonesia Emas 2045.

 

“Hanya orang-orang terbaiklah yang terpilih menjadi guru,” tutur Saefudin. “Guru adalah profesi yang sangat agung dan bermartabat. Apresiasi tertinggi patut disematkan kepada guru-guru lndonesia. Gurulah suluh bangsa yang menjadi penerang dan sosok yang mencerahkan setiap

generasi, mengantarkan kebangkitan dan kemajuan bangsa,” sambungnya.

 

Melalui amanat yang dibacakan Saefudin, Menteri Agama mengatakan jika guru memikul tanggung jawab yang besar. Di Tengah kemajuan teknologi yang kian dinamis, guru dituntut untuk terus berkembang, agar dapat terus menjadi teladan dalam membentuk siswa berakhlak karimah.

 

“Tema Hari Guru Nasional tahun 2023, "Guru Pembelajar, Bahagia

Mengajar," mencerminkan potret guru yang transformatif. Kementerian Agama

telah dan akan terus mengambil langkah signifikan demi memfasilitasi

peningkatan kompetensi guru melalui program digital literacy, digitalisasi

madrasah, dan bantuan pembelajaran digital. Kementerian Agama juga

berkomitmen untuk terus memberikan perhatian dan afirmasi bagi peningkatan

kesejahteraan guru,” ujar Saefudin. Ia kemudian menutup pembacaan amanat tersebut dengan apresiasi terhadap guru-guru Indonesia yang telah berjasa mencerdaskan bangsa.

 

"Terima kasih kami haturkan atas jasa yang telah Bapak/lbu guru berikan.

Apresiasi tinggi atas setiap inspirasi yang guru tularkan dalam semangat

mengajar yang penuh welas asih dan kasih sayang,” pungkas Saefudin.

 

Meski cuaca gelap berawan, upacara tersebut berlangsung dengan khidmat tanpa halangan. Apel dipimpin oleh Tri Juliansyah, S.E. dan dipandu oleh Atika Yusni Ferdina, M.B.A. Adapun amanah petugas pengibar bendera diemban oleh Prasiska Adela Susilowati, S.Kom., Angga Madona, S.Kom. dan Febria Nurhany, A.Md. (Ed_)