UPGRADING KNOWLEDGE “4 Widyaiswara BDK Palembang berevolusi dalam Kompetensi”
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 6 April 2023
  • 159x Dilihat
  • Berita

UPGRADING KNOWLEDGE “4 Widyaiswara BDK Palembang berevolusi dalam Kompetensi”

Ciputat (Kampus Diklat Kementerian Agama), Pusdiklat Tenaga Adminstrasi adakan Training of Trainer (ToT) Analis Media Sosial & Penilaian Kinerja PNS yang diadakan 3 hingga 12 April 2023. Pada kesempatan ini BDK Palembang mengutus 4 orang widyaiswara diantaranya Aan Nopriandi, Atika Yusni Ferdina, Musyaddad & Husnawiyah. Peserta pada kegiatan ini meliputi Widyaiswara dan Humas di Lingkungan Satuaan Kerja Balitbang dan Diklat Kementerian Agama. 


Terdapat 2 hal menarik yang menjadi manajemen perubahan dalam Peningkatan Sumber Daya Manusia Kementerian Agama “Management Of Change” yang dilakukan Pusdiklat Tenaga Administrasi kali ini. Untuk meningkatkan kemampuan ASN Kementerian Agama maka dibutuhkan trainer-trainer yang handal dan mampu berevolusi dan menyesuaikan diri pada perkembangan-perkembangan dan perubahan-perubahan yang fluktuasi di era digitalisasi ini. Dalam hal ini adalah Widyaiswara Kementerian Agama. Widyaiswara merupakan ujung tombak dalam perubahan peningkatan kuaitas sumber daya manusia. 


Perubahan yang terjadi di era digitalisasi ini juga berpengaruh terhadap perubahan pola organisasi.Perubahan ini juga menuntut ASN Kementerian Agama untuk mampu berevolusi secara kompetensi individual maupun organisasional 


Pelatihan ini sangat penting untuk membekali para widyaiswara sesuai dengan tugas masing-masing supaya widyaiswara betul-betul memerankan peran widyaiswara. 


Dengan adanya perubahan tersebut, para ASN Kementerian agama harus mendapat perhatian dan mereka harus dibekali kompetensi yang sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. 


Sebagai widyaiswara yang bertugas untuk mendampingi dan melatih ASN kementerian Agama dengan jabatan-jabatan fungsional yang relatif baru di Kementerian Agama. Diharapkan mereka mendapatkan pengetahuan, wawasan, sikap, dan perilaku sesuai dengan jabatan fungsional. Dengan begitu, mereka harus didampingi oleh widyaiswara. 


Begitupun juga pada hal kompetensi digitalisasi, widyaiswara juga harus  mendampingi dan melatih ASN kementerian Agama untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pada bidang teknologi dan Informasi yang setiap waktunya terus berkembang dengan pesat. 


Mengutip narasi yang disampaikan oleh Kapus Diklat Tenaga Administrasi, Syafii ” Ada kalanya yang selama ini widyaiswara harus mengajar, sekarang harus diajar Ada kalanya selama ini harus nyuruh-nyuruh peserta, sekarang disuruh-suruh. Di dunia ini harus milih, kalau gak mengajar, ya diajar, kalau gak disuruh, ya disuruh. Nah, sekarang giliran, dulu yang posisinya ”me-”, sekarang posisinya harus ”di-”. Saya hanya berharap perankan sebaik-baiknya sebagai peserta pelatihan ini”. 


Dengan diadakannya Training of Trainer (ToT) Analis Media Sosial & Penilaian Kinerja PNS ini diharapkan semua widyaiswara dan humas di Lingkungan Satuan Kerja Balitbang dan Diklat Kementerian Agama mampu berevolusi secara kompetensi baik invidual dan organisasional demi mewujudkan ASN yang mampu memberikan perubahan ke arah yang lebih baik dan mampu memberikan dampak dan manfaat terhadap masyarakat luas.