Wajib bagi Instansi Pemerintahan Menyelenggarakan Orientasi PPPK
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 23 Mei 2023
  • 597x Dilihat
  • Berita

Wajib bagi Instansi Pemerintahan Menyelenggarakan Orientasi PPPK

Riau, (22/05) Kepala Sub Bagian Tata Usaha BDK Palembang, Mukmin, S.H.I,.M.Sy bersama Ketua Tim Kerja Pelatihan Diklat Tenaga Administrasi Mona Arida, S.IP menghadiri Kegiatan Sosialisasi Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN yang dilaksanakan oleh Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia, pada hari Senin, 22 Mei 2023 bertempat di BPSDM Provinsi Riau.


Peserta yang di undang pada Kegiatan ini yakni Seluruh Kepala BPSDM dan Lembaga Pelatihan atau yg mewakili di zona Pulau Sumatera. Adapun susunan acara pada kegiatan ini yakni Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Doa, lalu Sambutan oleh Kepala BPSDM Pemerintah Provinsi Riau, Drs. Asrizal, M.Pd selaku tuan rumah.


Asrizal mengungkapkan kebanggaanya karena Provinsi Riau dipercayai menjadi tuan rumah pada kegiatan ini, "Sungguh kebanggaan buat kami, karena di antara semua peserta yang hadir, mungkin banyak daerah yang lebih pantas untuk menyelenggarakan kegiatan seperti ini, tapi dengan terpilihnya kami tentu membuat kami semakin berusaha untuk tidak mengecewakan dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan agar kegiatan ini berjalan lancar tanpa hambatan." Ujar Asrizal.


Kegiatan dilanjutkan dengan Paparan sekaligus Pembukaan Kegiatan secara resmi oleh Dr. Erna Irawati, S.Sos.,M.Pol.Adm , Kepala Pusat P3K Pengembangan Kompetensi ASN LAN RI, dalam sambutannya Erna mengucapkan terima kasih kepada BPSDM Provinsi Riau, yang dimana pada saat ini menjadi tuan rumah pada pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN Tahun 2023 dan "Dengan mengucap Basmallah, maka kegiatan Sosialisasi Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN Tahun 2023 dengan resmi saya buka." Buka Erna.


Kegiatan di lanjutkan dengan pemaparan materi sosialisasi yang disampaikan langsung oleh Erna, setidaknya ada 3 Topik Penting yang disampaikan yaitu Kebijakan Latsar CPNS dan Pelatihan Struktural Kepemimpinan, Orientasi P3K, lalu Kebijakan Pengembangan Kompetensi Non-Klasikal.


"Kemampuan mempengaruhi, memberi kontribusi pemikiran yang bisa diterima oleh teman seangkatan, bertanggung jawab dan dapat membangun kekompakan selama penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan adalah indikator penting dalam hal Kepemimpinan yang mesti dimiliki." Sebut Erna.


Erna juga menyinggung apa saja peranan Coach dalam Pelatihan Struktural Kepemimpinan, "Coach merancang aktualisasi kepemimpinan Peserta, Coach memperbaiki hasil seminar rancangan aktualisasi kepemimpinan, dan Coach mampu implementasi aktualisasi kepemimpinan tiap Peserta." Tambah Erna.


Pada bahasan Orientasi PPPK, Erna menghimbau agar WAJIB bagi instansi pemerintahan menyelenggarakan Orientasi PPPK, "Sesuai dengan PerLAN nomor 15 Tahun 2020 pasal 31 ayat 1 dan 2 dan Pasal 32 ayat 2 dan 4, menyatakan Wajib melaksanakan Orientasi PPPK yang meliputi Pengenalan tugas & fungsi ASN dan Pengenalan nilai & etika pada Instansi Pemerintah, dan Orientasi dilaksanakan hanya untuk 1 (satu) kali sepanjang berstatus sebagai PPPK." Terang Erna.


Erna menyampaikan apa saja jenis Pelatihan-pelatihan yang bersifat Non-Klasikal, "ada banyak macam pelatihan Non-Klasikal yang kita akui, diantaranya adalah Pelatihan Jarak Jauh (PJJ), E-Learning, Coaching, Mentoring, Magang, Patok Banding, Pertukaran Pegawai, Komunitas Belajar (COP), dan Outbond, tentu ini masing masing memiliki Konversi Jam Pelajaran (JP) dan bukti JP yang berbeda beda sesuai dengan Perlan nomor 10 Tahun 2018." Tutup Erna.


Kegiatan berjalan dengan lancar tanpa ada masalah, sosialisasi ditutup dengan doa dan berfoto bersama.