Wawasan Kebangsaan dan Kepemimpinan Pancasila pada Pembelajaran PKA Angkatan IX
  • 16 Maret 2022
  • 1969x Dilihat
  • Berita

Wawasan Kebangsaan dan Kepemimpinan Pancasila pada Pembelajaran PKA Angkatan IX

PALEMBANG (16/3) - Pada PKA (Pelatihan Kepemimpinan Administrator) Angkatan IX Pusdiklat Tenaga Administrasi Balitbang dan Diklat Kementerian Agama RI yang diadakan di BDK Palembang mulai tanggal 15 Maret s.d 24 Juni 2022 berjalan dengan lancar mulai dari pembukaan sampai hari Rabu (16/3) yang merupakan hari kedua dalam proses pembelajaran.

Pengisi materi hari ini adalah Dr. H. M. Musfiqon, M.Pd, widyaiswara ahli madya BDK Surabaya. Ia membawakan materi “Wawasan Kebangsaan dan Kepemimpinan Pancasila”.

Dalam  materinya, Musfiqon menyampaikan pandangannya terkait keadaan Indonesia saat ini, dimana banyak sekali pemuda atau mahasiswa yang tidak hafal Pancasila. Mata pelatihan ini bertujuan untuk membedah sudut pandang suatu bangsa dalam memahami keberadaan jati diri bangsa, Bhinneka Tunggal Ika, Bahasa Budaya Ideologi, wawasan kebangsaan, wawasan nusantara, kewaspadaan nasional dan pertahanan nasional.

Menurut Musfiqon, pemimpin memiliki 4 dimensi peran, antara lain: 1) Pemimpin hemat itu manajer, kemampuan mengatur menjadi modal dasar pemimpin; 2) Pemimpin yang hebat itu adaptif, situasi yang berbeda membutuhkan gaya kepemimpinan yang berbeda; 3) Pemimpin hebat itu memiliki Network, sistem jaringan itu modal kolaborasi dan akselerasi organisasi; 4) Pemimpin hebat itu Prediktor, berpikir apa yang akan terjadi di masa mendatang.