Workshop and Sharing Session Klipping Digital Perpustakaan Kementerian Agama Republik Indonesia
  • 20 April 2020
  • 648x Dilihat
  • Berita

Workshop and Sharing Session Klipping Digital Perpustakaan Kementerian Agama Republik Indonesia

Senin, 20 April 2020 Dalam masa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat para pustakawan dibawah Kementerian Agama untuk mengikuti kegiatan daring workshop and sharing session klipping digital. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan pustakawan balitbang dan diklat sharing mengenai inovasi yang ada di perpustakaan Balitbang dan diklat Kementerian Agama. Salah satunya Perpustakaan Balitbang dan diklat menyediakan layanan klipping koran, dimana berita di berbagai koran yang berkaitan mengenai Keagamaan, pendidikan dan Kementerian Agama dapat dituangkan didalam sebuah klipping. Berita yang dikumpulkan lalu diolah sedemikian rupa dalam bentuk infografis sehingga dapat disebar di media sosial.

Sebelumnya klipping biasanya dibuat secara manual, tidak praktis dan penyebarannya pun sangat terbatas sehingga informasi yang diteria pengguna menjadi tidak real time dan sudah kadaluarsa. Dengan adanya klipping dalam bentuk infografis, penyebarannya pun dapat dengan cepat dan real time berita tidak menjadi kadaluarsa.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini tidak hanya berasal dari Kementerian Agama Pusat,bahkan ada dari Kementerian / Lembaga lain. Peserta yang mengikuti diantaranya dari Kanwil Kemenag, Balai Pendidikan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Perpustakaan Nasional, IAIN, UIN, Universitas Swasta, Politeknik, Sekolah Tinggi, Madrasah dan Pondok Pesantren.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Bapak Moh. Isom selaku Sekretaris Balitbang dan Diklat. BapaK Moh. Isom sangat mengapresiasi acara ini. Ia Berharap perpustakaan semakin maju dan inovatif dalam memberikan layanan kepada pemustaka.