BPK akan Audit Satker-Satker Kemenag di Sumsel Mulai Besok. Catat Tanggalnya!
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 9 Februari 2023
  • 262x Dilihat
  • Berita

BPK akan Audit Satker-Satker Kemenag di Sumsel Mulai Besok. Catat Tanggalnya!

PALEMBANG (9/2) – Menjelang kunjungan audit Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) ke Sumatera Selatan, Kanwil Kemenag Sumsel mengundang satker Kemenag di wilayah Sumsel yang menjadi subjek pemeriksaan BPK untuk berkumpul di Ruang Rapat Kanwil Kemenag Sumsel pada Kamis (9/2). Pertemuan tersebut dalam rangka entry meeting tim auditor BPK RI dengan semua kepala satker Kemenag di Sumsel yang akan diaudit.


Pertemuan antara tim auditor BPK dan para kepala satker berlangsung ringkas, dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenag Sumsel Dr. Syafitri Irwan, S.Ag., M.Pd.I., Kepala BDK Palembang Dr. H. Saefudin, S.Ag., M.Si., Rektor UIN Raden Fatah yang diwakilio oleh Wakil Rektor II Dr. Abdul Hadi, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Ogan ilir, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Muara Enim dan Kepala Kantor Kemenag Kota Palembang. Tim auditor BPK nantinya akan mengunjungi semua satker tersebut secara bergiliran mulai 10 Februari hingga 22 Februari mendatang. BDK Palembang sendiri menjadi satker Kemenag terakhir yang akan diaudit tim BPK di Sumsel, sebelum tim bertolak kembali ke Jakarta dan melanjutkan kunjungan audit ke Sulawesi Selatan pada 25 Februari.


“Kita ucapkan terima kasih, menyambut tim audit BPK RI di Sumsel,” ujar Syafitri dalam pembukaan entry meeting. Syafitri berharap, kedatangan tim auditor BPK akan dapat memberi titik terang kepada semua satker terkait titik mana saja yang perlu diperbaiki dalam pelaksanaan anggaran satker tersebut.


“Kami berharap, kalian (tim auditor BPK) dapat memberikan bimbingan kepada kami, satker-satker yang hadir disini. Semoga bisa kerasan, betah di Palembang,” lanjut Syafitri.


Syafitri mengatakan jika dia sudah mengawasi bagaimana semua satker telah menyiapkan diri dengan maksimal untuk diaudit.


“Kami di dalam proses audit ini berharap bisa mendapat pencerahan, lebih siap lagi, lebih sigap tahun mendatang,” pungkas mantan Kepala BDK Palembang tersebut.

Dalam kunjungan audit tahun ini, tim BPK RI menurunkan 4 orang pegawainya untuk memeriksa satker Kemenag di Sumsel. Mereka antara lain adalah Novan Amful Hamdan, Wahyu, Afiq Ginanjar dan Sugiarti. Pada entry meeting, Wahyu berbicara mewakili rekan-rekan timnya.


“Ini (pemeriksaan keuangan) adalah amanah dari UU, setiap tahun mau tidak mau BPK memang harus datang. Dalam pemeriksaan kita ada metodenya, pakai standar pemeriksaan keuangan negara, dan di akhir pemeriksaan, kami akan memberikan opini,” terang Wahyu. Ia mengatakan jika dalam beberapa tahun belakangan, Kanwil Kemenag Sumsel sendiri selalu mendapatkan opini “Wajar Tanpa Pengecualian”.


Beberapa bagian yang nantinya akan menjadi target pemeriksaan antara lain akun neraca, laporan realisasi anggaran, laporan realisasi belanja, serta laporan operasional satker. Setelah diperoleh opini dan disusun laporan, Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) akan diserahkan oleh BPK RI kepada Menteri Agama pada pertengahan tahun 2023.

“Kami memohon bantuan Bapak/Ibu semuanya untuk dapat membantu kemudahan proses pemeriksaan ini,” ujar Wahyu kepada hadirin entry meeting.

 

Sesuai jadwal, Tim Audit BPK RI akan memeriksa BDK Palembang pada 22 Februari mendatang. Sebelum itu, Tim Audit BPK akan memeriksa Kanwil Sumsel selama 1 hari, Kankemenag Kota Palembang selama 2 hari, Kankemenag Kabupaten Muara Enim selama 2 hari, Kankemenag Kabupaten Ogan Ilir selama 2 hari, lalu UIN Raden Fatah Palembang selama 6 hari.