Apresiasi, Anugerah dan Selebrasi Kemenag Tahun 2023 pada “Ekspose Kemenag Kita”   
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 28 Desember 2023
  • 78x Dilihat
  • Berita

Apresiasi, Anugerah dan Selebrasi Kemenag Tahun 2023 pada “Ekspose Kemenag Kita”  

JAKARTA – Menutup akhir tahun 2023, Balitbang Diklat Kemenag RI melangsungkan “Ekspose Kemenag Kita”. Kegiatan yang sebelumnya dikenal dengan nama “Kaleidoskop Tahunan Kemenag” ini kini menampilkan drama musikal bertajuk “Ikhlas Beramal” yang diperankan oleh Cing Abdel, Akbar, Mucle, Tatok, Ayu, dilengkapi oleh Dewi Gita sebagai penyanyi. Ekspose Kemenag Kita berlangsung di Gedung Pusat Perfilman H. Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis (28/12) lalu.

 

Pemilihan konsep acara pementasan oleh Balitbang Diklat Kemenag sebagai acara penutup tahun merupakan yang pertama dilakukan. Drama musikal yang disajikan sendiri membawakan sekaligus memperkenalkan kembali program-program prioritas Kemenag selama 4 tahun terakhir kepada 500 lebih penonton yang hadir dari berbagai kalangan, dibalut dengan drama yang komikal dan juga edukatif. Pertunjukan pun berlangsung interaktif, karena Balitbang Diklat Kemenag turut mengundang bintang tamu dari berbagai wilayah kerja Kemenag untuk tampil di atas panggung, mulai dari kepala KUA berprestasi, Kepala Kankemenag berprestasi, jamaah haji manula tahun 2023, pembaca Alquran braille, serta interpreter tunarungu dari latar belakang pegiat agama. Pentas yang disutradarai oleh Agus Noor tersebut juga turut menggandeng pejabat-pejabat Kemenag ke atas panggung dalam memperkenalkan program-program andalan Kemenag selama ini kepada para penonton.

 

Ekspose Kemenag Kita dihadiri oleh Wakil Menteri Agama H. Saiful Rahmat Dasuki, S.I.P., M.Si., Setjen Kemenag Prof. Dr. H. Nizal Ali, M.Ag., para pimpinan unit eselon I Pusat, Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri, Kepala BDK dan LDK beserta staf dari seluruh Indonesia, Kepala BLA, Kepala Kanwil Kemenag serta tamu undangan dari Kemendagri, Kejaksaan Agung, BKN, Kementerian Pariwisata, Kemenko PMK, Pemprov DKI, Kemenaker, dan Kemenkopolhukam. Tak lupa, acara juga diramaikan oleh ASN Kemenag se-Jabodetabek.

 

Wamenag tampil dengan busana kasual pada malam itu mengungkapkan bahwa Kemenag telah banyak menerima penghargaan sepanjang tahun 2023, terutama dalam transformasi digital yang dicanangkan Menteri Agama K.H. Yaqut Cholil Qoumas. Ia juga mengapresiasi inisiatif Balitbang Diklat menyajikan capaian kinerja dalam drama musikal.

 

“Kerja keras ini berbuah banyak apresiasi dari sejumlah media dan lembaga negara. Menag Yaqut Cholil Qoumas dinobatkan sebagai tokoh inspirator dalam transformasi digital. Gus Men juga didaulat sebagai Satria Transformasi Digital dan Moderasi Beragama. Kemenag juga dinilai paling harmonis oleh Kemenpan-RB dan Ary Ginanjar Consulting,” ujar Wamenag.

 

Menurut Wamenag, dalam tata kelola pemerintahan, Kemenag diberi penghargaan sebagai kementerian paling informatif dari Kemenkominfo, dan masih banyak lagi penghargaan lainnya. 

"Kementerian Agama memberikan layanan prioritas kepada jemaah haji, dengan tagline ‘haji ramah lansia' dan ini mendapatkan apresiasi juga dari Kerajaan Arab Saudi,” ungkapnya.

 

Sebelumnya, Kepala Balitbang Diklat Suyitno dalam laporannya mengatakan bahwa Balitbang Diklat selalu menutup akhir tahun dengan capaian kinerja. “Tahun lalu kita sebut acara ini dengan Kaleidoskop 2022. Tapi tahun ini kita buat beda dengan Kemenag Kita. Ini menandakan Kemenag bukan lagi miliknya Kemenag, tetapi dari kita untuk bangsa,” ucap Kaban, disambut riuh tepuk tangan penonton.

 

Lebih lanjut, Kaban Suyitno berharap agar ke depannya nanti, Balitbang Diklat akan semakin giat dan aktif menjadi “dapur” bagi kebijakan-kebijakan Kemenag, sehingga semua arah kerja Kemenag nantinya akan berbasis data kelitbangan yang dirumuskan oleh Balitbang Diklat Kemenag. Menurut Suyitno, Ekspose Kemenag Kita juga bertujuan untuk mengapresiasi semua satker Kemenag yang telah aktif menggunakan data kelitbangan dalam menjalankan tugas dan fungsi lembaganya.

 

“Apresiasi ini penting, karena di Balitbang Diklat sebagaimana diarahkan Gus Menteri dipastikan menjadi ‘dapurnya’ Kemenag mendukung kebijakan menteri. Jadi yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah yang menggunakan datanya Litbang untuk kebijakan,” tutur Suyitno.

 

Sebelum pentas drama musikal disajikan, Balitbang Diklat Kemenag menyampaikan anugerah penghargaan kepada beberapa lembaga, di antaranya sebagai berikut:

 

A. Kategori Dukungan Program Terbesar:

1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (kontributif dalam program penilaian buku).

2. UIN Sunan Gunung Djati, Bandung (responsif dalam program penerjamah bahasa daerah).

 

B. Kategori Skor Indeks Kelitbangan Tertinggi:

1. Indeks sikap dosen terhadap praktek sikap Moderasi Beragama, diberikan kepada: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Fatmawati Soekarno, Bengkulu, IAKN Kupang.

2. Kanwil Kemenag Bangka Belitung (tingkat baca tulis Qur'an tingkat SLTP dan SLTA).

 

C. Kategori Optimalisasi Data Kelitbangan:

1. Setjen (dalam pemanfaatan data kerukunan umat beragama).

2. Ditjen Pendidikan Islam (dalam pemanfaatan data buku agama).

3. Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam (data indeks data layanan KUA).

4. BPJPH (Indeks literasi halal).

 

(Balitbang Diklat Kemenag/Ed_)