Asah Kompetensi Lewat Pelatihan, ASN Kemenag OKUT Bersiap Menjadi Agen Perubahan Kemenag
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 13 Februari 2023
  • 141x Dilihat
  • Berita

Asah Kompetensi Lewat Pelatihan, ASN Kemenag OKUT Bersiap Menjadi Agen Perubahan Kemenag

MARTAPURA (13/2) - Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari rangkaian kegiatan mewujudkan Indonesia maju dan bermartabat, BDK Palembang mengadakan Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK) Teknis  Revolusi Mental Angkatan III dan PDWK Metodologi Pembelajaran Angkatan III bagi ASN di Kantor Kemenag Kabupaten OKU Timur. Pelatihan tersebut dijadwalkan berlangsung pada tanggal 13 - 18 Februari 2023. 


Upacara pembukaan pelatihan tersebut dihadiri oleh Kepala Kankemenag Kabupaten OKU Timur Ishak, Kepala MTsN 1 OKU Timur Nur Ainah Muhtadi, Kepala BDK Palembang yang diwakili oleh Kasubbag TU BDK Palembang Mukmin dan widyaiswara BDK Palembang Abu Bakar, Rudi  Hermawan, Khodidjah, Musyadad serta panitia BDK Palembang. 


Mukmin dalam laporan pembukaannya menyampaikan bahwa pelatihan ini sesuai dengan PMA Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pelatihan Pegawai pada Kementerian Agama dan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan serta sikap pegawai. Hal tersebut pada akhirnya bertujuan agar tugas dan jabatan dapat terlaksana secara profesional, dilandasi sikap dan kode etik pegawai sesuai dengan kebutuhan Kementerian Agama. 


"Pelatihan ini juga untuk menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa, memantapkan orientasi sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi kepada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat serta untuk mencetak pegawai yang berkualitas, profesional dan berintegritas serta bertanggungjawab", ujar Mukmin. 


Pada gilirannya, Ishak membuka pelatihan tersebut secara resmi, serta menyampaikan sambutan kepada seluruh peserta yang hadir. 


"Bersyukur karena kita telah diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan ini. Kita sebagai ASN Kementerian Agama dituntut untuk meningkatkan serta mengasah kompetensi agar mampu berdampak terhadap kinerja kita. Berorientasi kepada kinerja  menjadikan ASN mau tidak mau untuk meningkatkan kemampuan masing-masing individu," tutur Ishak. 


Ishak berharap dengan pelatihan ini, ASN di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten OKU Timur dapat menempa diri, meningkatkan kompetensi  dan bersiap menjadi calon-calon agen perubahan di lingkungan kerja masing-masing demi mewujudkan Kemenag yang unggul dan relegius.