Awalnya Biasa Saja Setelah Pelatihan Menjadi Luar Biasa
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 27 Juni 2024
  • 40x Dilihat
  • Berita

Awalnya Biasa Saja Setelah Pelatihan Menjadi Luar Biasa

Palembang, Nilai-nilai Dasar Sumber Daya Manusia Kementerian Agama merupakan materi yang diberikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan Dr. H. Syafitri Irwan, S.Ag, M.Pd.I kepada peserta Pelatihan Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris MTs Angkatan I, Pelatihan Matematika MTs Angkatan I dan Pelatihan Bimbingan Konseling MTs Angkatan I pada Kamis (27/6).

 

Bertempat di Balai Diklat Keagamaan Palembang Syafitri menyampaikan visi dan misi kementerian agama yaitu kementerian agama yang profesional dan andal dalam membangun masyarakat yang saleh, moderat, cerdas dan unggul untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan gotong royong.

 

Ia juga mengatakan bahwa ada tiga kategori ASN di kemenag dengan tiga level yang terdiri dari kelompok pertama upper list dimana ASN profesional yang memenuhi 5 nilai budaya kerja yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan. 

 

"Upper List akan taat aturan, memiliki kreativitas dalam bekerja, mengetahui tugas-tugasnya, tujuan bekerja dan cara melakukan tugas dengan baik, selaku guru bapak ibu mampu mengelola dan menata setiap potensi siswa yang ada" tuturnya

 

ASN level kedua yaitu Middel list mempunyai disiplin waktu, rapi, bertanggung jawab dengan tugasnya, sayangnya kurang kreatif, seperti engine bergerak sampai bbm habis, pulang tepat waktu, komunikasi baik tetapi tidak memiiliki orientasi pekerjaan.

 

Ketiga kelompok under list, kelompok ini harus dihindari karena tidak patuh, pembangkang, aturan dianggap tidak ada, aturan disepelekan, selalu melakukan pelanggaran. Bekerja sesuai seleranya saja, datang kesekolah tidak memberikan efek apa-apa. 

 

"Mengikuti pelatihan penting bagi bapak ibu guru agar bisa mengupgrade ilmu pengetahuan. Orang yang awalnya biasa saja setelah ikut pelatihan akan menjadi luar biasa" ungkap Syafitri

 

"Guru harus memiliki kemampuan mengatasi masalah, dan menjadi guru yang bahagia adalah kunci utama. barang siapa yang bersyukur insyaallah Allah akan menambah nikmatnya. Tetapi ingatlah apabila tidak bersyukur azzab ku pedih" pesan Kakanwil seraya mengakhiri pembelajaran.

 

Ketiga pelatihan ini dilaksanakan selama 6 hari mulai tanggal 24 s.d 29 Juni 2024. Diikuti oleh guru mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris dan Bimbingan Konseling dari Kementerian Agama se-Provinsi Sumatera Selatan, Bengkulu dan Kepulauan Bangka Belitung. (Yn)