Bina Apel, Novir Bahas Core Value ASN
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 18 September 2023
  • 320x Dilihat
  • Berita

Bina Apel, Novir Bahas Core Value ASN

PALEMBANG (18/9) – Pada Senin (18/9) pagi, pegawai BDK Palembang mengikuti apel pagi. Pembina apel kali ini adalah salah seorang widyaiswara pendidikan BDK Palembang H. Novirdiyanto, S.Ag., M.Pd.I. Adapun Yevi Grata Putra, S. Kom. berperan sebagai pemimpin apel dan Ayu Zahara, S.Hum. bertugas sebagai MC.

 

Sebelum membawakan amanat pembina, widyaiswara yang akrab disapa Novir itu mengajak semua pegawai untuk sejenak membacakan surah Al-Fatihah untuk Masmiroh binti Abu Yamin, mendiang istri dari salah satu pegawai BDK Palembang, Erwan,S.Ag. yang baru saja berpulang sehari sebelumnya.

Setelahnya, Novir membahas Core Value dari ASN, yaitu berAKHLAK.

 

“BerAKHLAK merupakan Nilai-nilai dasar ASN agar dapat bersifat profesionalitas di dalam pekerjaan kita,” buka Novir. “Yang pertama “A”, yaitu “Akuntabilitas” yang artinya dapat dipercaya. Akuntabilitas dapat kita pahami dengan satu kata satu perbuatan, berkatalah dengan yang benar, jika kita tidak tahu maka lebih baik kita diam, karena diam adalah langkah emas dibanding kita berkata yang salah,” tambah Novir.

 

“”K” adalah “Kompeten”. Kompeten berarti setiap orang itu penting dan memiliki kemampuan mereka masing-masing. Lalu yang ketiga “H”, yaitu “Harmonis”. Sikap harmonis dimulai dari saling mengenal, maka akan timbul saling menyayangi antar sesama. Ketika kita masuk kerja kita saling menyapa menyebut salam hingga berjabat tangan, itu hal yang meningkatkan keharmonisan antar sesama,” ujar Novir.

 

Novir mengatakan bahwa manusia sangat sukar untuk bersifat lapang dada, banyak orang selalu mencari kekurangan orang lain tanpa melihat kekurangan yang kita miliki sendiri.

 

“Keempat adalah “L”, yaitu “Loyal”. Mari kita loyal terhadap negara, khususnya loyal terhadap BDK Palembang. Kelima, ada huruf “A”, yaitu “Adaptasi”. Mari kita pakai ilmu padi, di manapun kita berada dan apapun jabatan kita, tetaplah mampu beradaptasi, tidak sombong.

 

“Dan “K” terakhir yakni “Kolaboratif”, yang artinya bekerja sama dalam bekerja, dalam membangun BDK Palembang. Jika kita ada masalah dengan teman sekantor, maka selesaikanlah, berdamailah, agar kerjasama terbentuk dan menciptakan kenyamanan dalam bekerja,” tutup Novir.

 

Apel ditutup dengan pembacaan doa dari Sudharmono, Lc., M.Sy. dan dilanjutkan dengan saling berjabat tangan antar pegawai. (dom)