Bina Apel Pagi, Abduh: Inilah 3 Cara untuk Hindari Sifat Sombong
  • BDK Palembang
  • 28 Agustus 2023
  • 1267x Dilihat
  • Berita

Bina Apel Pagi, Abduh: Inilah 3 Cara untuk Hindari Sifat Sombong

PALEMBANG (28/8) - BDK Palembang melaksanakan kegiatan apel pagi seperti biasa pada Senin (28/8) ini. Apel pagi tersebut dihadiri oleh seluruh pegawai BDK Palembang, termasuk kepala BDK Palembang, Kasubbag TU dan Koordinator Widyaiswara. Apel pagi dipandu oleh Nabiela Izzati Mahrani Umary, A.Md selaku pembawa acara, dipimpin oleh Mulyadi, SE, M.Si lalu Muhammad Abduh, M.Pd.I. sebagai pembina apel.

Dalam amanat yang ia sampaikan, Abduh mengutip sebuah pepatah Arab yang berbunyi:

انت لم تجد من نفسك كلما تريد فكيف تريد من غيرك كلما تريد

“Kamu dengan kapasitasmu sendiri tidak bisa mewujudkan semua yang kamu inginkan, lalu bagaimana kamu berharap orang lain mewujudkan semua keinginanmu,” tafsir Abduh.  "Maksud pepatah ini adalah kita tanpa sadar sering kali melihat kesalahan atau kekurangan dari orang lain yang tentu tidak kita inginkan terjadi, dan sering kita tanpa sadar sebenarnya sama seperti orang itu, ternyata kita juga memiliki kesalahan atau kekurangan yang sama seperti orang itu, bisa jadi kita lebih buruk," jelas Abduh. Ia mengaitkan pepatah tersebut dengan pekerjaan kantor yang dilakukan warga BDK Palembang setiap hari. 

"Dan menariknya, jika dikaitkan dengan sistem kerja kita di kantor, kita contoh staf dengan pimpinan. Staf menginginkan pimpinan yang ideal, mengayomi, demokratis, sempurna, tetapi itu tidak akan terwujud jika staf itu sendiri tidak seperti itu dan demikian pun sebaliknya," lanjut Abduh.

Abduh pun mengajak agar semua pegawai BDK Palembang mengingat pepatah ini dalam setiap tindakan yang dilakukan.

"Maka, pepatah ini menjadi reminder kita, bahwasannya sebelum kita ingin menyampaikan ataupun menilai sesuatu kepada orang di sekeliling kita, akan lebih baiknya kita melihat diri kita dahulu, agar apa? agar kita terhindar dari sifat sombong, merasa paling benar, merasa paling hebat," pungkas Abduh.

Lebih lanjut, Abduh juga menukil perkataan Imam Al-Ghozali tentang 3 cara menghindari sifat sombong.

"Jika bertemu dengan orang yang lebih muda, maka lihatlah orang muda itu pasti dosanya lebih sedikit dibanding kita. Jika bertemu dengan orang yang lebih tua, maka yakinlah orang itu ibadahnya lebih banyak dibanding kita. Dan yang ketiga, jika kita bertemu orang yang memiliki banyak dosa, maka yakinlah jika dia akan mendapatkan hidayah untuk bertobat dan diampuni dosa-dosanya sebelum wafat, sementara kita yang menilai ia jahat belum tentu memperoleh ampunan Allah,” ujar widyaiswara pendidikan tersebut.

Apel ditutup dengan doa yang dipandu oleh Musybi, S.Pd.I., M,Si, dan dilanjutkan berjabat tangan antar pegawai demi menjaga silahturahmi dan persaudaraan antar sesama. (dom)