Dua Widyaiswara BDK Palembang Ikuti ToT Moderasi Beragama
  • 4 April 2022
  • 222x Dilihat
  • Berita

Dua Widyaiswara BDK Palembang Ikuti ToT Moderasi Beragama

PALEMBANG (4/4) - Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Balitbang dan Diklat Kemenag RI melaksanakan kegiatan Training of Trainers (TOT) Penguatan Moderasi Beragama Angkatan VIII dan IX. Perwakilan dari BDK Palembang adalah widyaiswara madya Sri Sunarti, M.Pd. dan Sudharmono, Lc, M.Sy. Kegiatan ini akan berjalan selama  6 hari mulai dari tanggal 4 s.d 9 April 2022 di Ciputat.

TOT Penguatan Moderasi Beragama adalah pelatihan untuk mencetak para trainer moderasi beragama yang diharapkan untuk memberikan wawasan tentang moderasi beragama dikalangan guru, penyuluh dan masyarakat. Beragam materi yang disampaikan pada pelatihan ini antara lain materi peta jalan moderasi beragama, teknik fasilitasi pengenalan program, metode dan fasilitasi, review materi, menalar keberagaman: membangun perspektif, menalar keberagaman : sketsa kehidupan keberagaman di Indonesia, internalisasi moderasi beragama kementerian agama sikap dari ASN, dan masih banyak lagi materi-materi lainnya.

Pada akhir pelatihan ini terdapat beberapa komponen penilaian peserta, yaitu peserta dinilai dengan penilaian afektif, keterampilan/skill dan psikomotor. Untuk keterampilan atau skill diambil dari nilai presentasi, sedangkan kognitif diambil dari nilai ujian konten apa itu moderasi beragama dari nilai attitude dinilai dari keaktifan peserta dalam proses pembelajaran. 

Pelatihan diikuti oleh widyaiswara pusdiklat dan Balai Diklat Keagamaan se-Indonesia, serta Dosen UIN dan IAIN.