Dulu Bekerja
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 28 Februari 2024
  • 248x Dilihat
  • Berita

Dulu Bekerja "B" Aja, Setelah Pelatihan Jadi Luar Biasa  

Muara beliti (28/2), Kemarin Kepala Balai Diklat Keagamaan Palembang Dr. H. Saefudin, S.Ag, M.Si berkesempatan mendatangai lokasi Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) Kantor Kementerian Agama Kab. Musi Rawas untuk memberikan materi. PDWK ini terdiri dari Manajemen Pondok Pesantren Angkatan II dan Penguatan Penggerak Moderasi Beragama bagi Tenaga Pendidikan Angkatan II.

 

Di hadapan 80 orang peserta yang merupakan guru dan pengurus pondok pesantren Saefudin menjelaskan tujuan pelaksanaan pelatihan BDK Palembang dalam meningkatkan kompetensi pegawai Kankemenag kab. Musi rawas secara langsung. 

 

"Dengan diberikan ilmu pengetahuan melalui widyaiswara yang berkualitas, peserta harus mengalami peningkatan, yang dulu bekerja biasa-biasa aja setelah mengikuti pelatihan menjadi luar biasa" harapnya.

 

"Moderasi beragama adalah memanusiakan manusia. Menghargai perbedaan, tetap berada di tengah tidak memihak pada satu agama saja. Karena beragam merupakan satu keyakinan yang tidak perlu dipermasalahkan" ungkap pria kelahiran Gresik

 

Ia juga menjelaskan ada empat ciri atau kriteria orang yang sudah moderat. 

"Pertama berkomitmen kebangsaan cinta Indonesia, kedua anti kekerasan mampu menyelesaikan masalah tanpa masalah, ketiga Toleransi yaitu menghargai perbedaan, dan terakhir menghargai kearipan lokal atau budaya karena setiap daerah berbeda-beda" jelas saefudin mengakhiri pembelajaran.

 

Bertempat di Kankemenag Kab. Musi Rawas PDWK ini dilaksanakan mulai tanggal 26 Februari s.d 2 Maret 2024. (Yn)