Erwan dan Amrullah Mengikuti Uji Kompetensi Calon Jabatan Fungsional Arsiparis Tahun 2020
  • 2 Oktober 2020
  • 605x Dilihat
  • Berita

Erwan dan Amrullah Mengikuti Uji Kompetensi Calon Jabatan Fungsional Arsiparis Tahun 2020

Palembang, Jumat (2/10/20) Biro Umum Sekretariat Jendral Kementerian Agama menggelar Uji Kompetensi Calon Jabatan Fungsional Arsiparis Tahun 2020. dilansir dari website resmi Kementerian Agama. Uji Kompetensi ini berlangsung secara online atau dalam jaringan (daring) dan diikuti oleh 163 aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Agama. Diantara 163 peserta, Balai Diklat Keagamaan Palembang mengikutsertakan dua ASN-nya untuk ikut dalam seleksi Uji Kompetensi Calon Jabatan Fungsional Arsiparis Tahun 2020 ini, yakni Amrullah S.Sos dan Erwan S.Ag.

Uji kompetensi ini dibuka oleh Kepala Biro Umum Yayat Supriyadi. Hadir, Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI, Direktur SDM Kearsipan dan Sertifikasi ANRI, dan Koordinator Kelompok Pembinaan SDM Kearsipan. Yayat berpendapat ''Jabatan Fungsional Arsiparis menjadi isu sentral  dan tuntutan masyarakat bagi peningkatan kinerja organisasi pemerintah. Kebutuhan arsiparis harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi. Untuk itu, perlu dibangun sarana dan prasarana sistem kearsipan dan penyiapan SDM''.

"Penguatan SDM Kearsipan dilakukan melalui pengangkatan pegawai. Ada tiga skema pengangkatan, yaitu: 1) pengangkatan pertama untuk mengisi formasi CPNS, 2) proses mutasi atau perpindahan, dan 3) inpassing atau penyesuaian. Meski jumlahnya terbatas, Kemenag akan terus mengupayakan untuk membuka formasi khusus nasional untuk jabatan fungsional arsiparis, Saat ini, yang dilakukan adalah memanfaatkan kebijakan inpassing nasional untuk mengangkat pegawai yang telah berpengalaman dalam kearsipan, seperti para sekretaris, agendaris, tata usah, dan fungsional umum lainnya yang biasa melaksanakan kegiatan kearsipan" Tambah Yayat.

Amrullah sebagai peserta Uji Kompetensi Calon Jabatan Fungsional Arsiparis Tahun 2020 sependapat dengan apa yang dikatakan oleh Kepala Biro Umum Yayat Supriyadi, "Banyak orang yang menganggap bahwa Arsiparis pekerjaan yang tidak berat, dan banyak arsiparis yang tidakla bekerja optimal sehingga membuat arsiparis sedikit dianggap sebelah mata pekerjaannya, padahal arsiparis bertujuan menjaga dokumen dokumen berharga demi keberlangsungan organisasi, dan Arsiparis sangatla membantu organisasi untuk mencari alat bukti untuk dijadikan dasar jika terjadi pemeriksaan secara berkala oleh Inspektorat Jendral". Ujar Amrullah