Gelar PDWK, Kegiatan BDK Palembang Diliput oleh
  • 4 Oktober 2021
  • 295x Dilihat
  • Berita

Gelar PDWK, Kegiatan BDK Palembang Diliput oleh "Jurnalis Remaja" dari MAN 1 Muara Enim

MUARA ENIM (27/9) - Pada 27 September hingga Sabtu 2 Oktober lalu, BDK Palembang menyelenggarakan Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK) Kementerian Agama Kabupaten Muara Enim dengan membuka 3 angkatan, yakni Pelatihan Moderasi Beragama, Pelatihan TIK MTs atau SMP dan Pelatihan Pendidikan Agama Islam SMP. Kegiatan PDWK ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Muara Enim yang letaknya tidak jauh dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muara Enim. Disini semua Panitia mendapatkan pelayanan yang sangat baik seperti layaknya berada dirumah sendiri, sehingga Panitia BDK Palembang pun tidak mendapatkan kendala dalam menjalankan PDWK.

Ada hal menarik yang terlihat oleh panitia penyelenggara di MAN 1 Muara Enim, yakni siswa-siswa yang aktif mendokumentasikan semua kegiatan panitia BDK Palembang. Mereka tidak semata-mata hanya asal mengambil foto, mereka seperti memiliki konsep dalam setiap pergerakannya. Selain itu, mereka juga turut mengambil video dengan peralatan dokumentasi yang cukup mumpuni. Siswa-siswa tersebut ternyata merupakan bagian dari Tim Jurnalistik Remaja atau sering dikenal TJR MAN 1 Muara Enim.

TJR MAN 1 Muara Enim merupakan salah satu ekstrakulikuler yang ada di MAN 1 Muara Enim. Organisasi ini terbentuk sejak kurang lebih 11 Tahun lalu, tepatnya di pada 1 Januari 2010. Tim ini berisi 14 orang siswa MAN 1 Muara Enim yang dilatih oleh 1 orang pelatih dari kalangan guru mereka sendiri.

“Kami semua disini belajar autodidak (berlatih sendiri). Ilmu ilmu yang kita dapat dan kembangkan itu dari internet. Ada juga dari alumni alumni kami yang telah lulus sekolah, nah kalo pelatih itu lebih ke membina dan mendampingi kami, lalu untuk lingkungan berita yang kita liput itu hanya disekitar MAN 1 Muara Enim saja, hampir seluruh kegiatan internal maupun eksternal sekolah,” ujar salah seorang anggota TJR MAN 1yang diwawancarai.

TJR MAN 1 Muara Enim sudah beberapa kali meraih penghargaan dalam perlombaan di bidang jurnalistik, antara lain Juara 1 pada Tahun 2015 dan Juara 3 pada Tahun 2018 dalam Lomba Jurnalistik Tingkat Provinsi di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan.

Saat ini TJR MAN 1 Muara Enim aktif mengelola konten mereka di kanal YouTube MANSAME CHANNEL.