Guru adalah Ujung Tombak Kementerian Agama Dalam Pendidikan
  • Fian Nur Fajria
  • 14 November 2022
  • 214x Dilihat
  • Berita

Guru adalah Ujung Tombak Kementerian Agama Dalam Pendidikan

Pangkal Pinang (14/11), Pembukaan Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Angkatan VI Tahun 2022 Kementerian Agama Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dilaksanakan dari tanggal 14 s.d 17 November 2022. Kegiatan ini di hadiri Subkoordinator Administrasi, Bandar, SE, MM selaku ketua panitia, dan Widyaiswara yaitu Aan Nopriandi, S.IP., M.Si dan Atika Yusni Ferdina, M.B.A serta Sri Sunarti, M.Pd dan Mona Arida, S.IP sebagai panitia.

Dalam sambutannya, Bandar mengucapkan terima kasih kepada Kanwil Kemenag Provinsi Kep. Babel atas fasilitas yang diberikan pada kegiatan ini. 


Selanjutnya pria kelahiran medan ini menyampaikan bahwa jumlah peserta orientasi P3K ini berjumlah 27 orang yang terdiri dari Bangka dan Belitung. Materi yang disampaikan terdiri dari materi dasar, inti dan penunjang dengan jumlah jam 36 jam pelajaran.

Selanjutnya, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kep. Babel yang diwakili oleh Kabag TU, Drs. H. Rebuan, M.Pd.I menyampaikan bahwa peserta orientasi P3K saat ini merupakan sisa pengangkatan K2 dan K3 tahun 2013 yang berasal dari guru MI, MTs dan MA. Sedangkan untuk tahun 2022 ada lagi pengangkatan P3K dengan jumlah 320 orang dengan rincian P3K untuk Penghulu, Penyuluh, Guru dan JFT. Namun untuk P3K tahun ini belum bisa melaksanakan orientasi karena masih menunggu anggaran tahun depan.

Rebuan juga menyampaikan bahwa anggaran P3K untuk gaji dan tunjangan telah disiapkan oleh Pendis dan masih diajukan ke Kementerian Keuangan. SK peserta P3K ini telah keluar di bulan April, namun belum bisa mendapatkan gaji karena dari Kemenkeu belum mengeluarkan anggaran. Gaji P3K akan dicairkan dan dirapel. Jadi diharapkan para peserta P3K untuk bersabar. Jangan lupa untuk segera melengkapi semua berkas agar dapat segera di cairkan gajinya, pungkas Rebuan.

Pesan Rebuan, mohon para peserta untuk mengikuti seluruh kegiatan orientasi dengan baik serta menerapkan model-model pembelajaran di kelas. Selain itu, peserta harus taat dan disiplin sebagai pegawai kemenag karena ada aturan PP tentang kedisiplinan

Guru adalah ujung tombak kementerian agama, diharapkan bapak/ibu guru dapat melaksanakan pendidikan dengan baik. Guru juga harus memahami 4 pilar moderasi beragama yaitu  komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan akomodatif. Para peserta diharapkan aktif dalam pembelajaran dan semangat mengikuti orientasi ini, ungkap Rebuan. (Sri)