Hari Pertama Kerja, Pegawai BDK Palembang Ikuti Vaksinasi Tahap Kedua
  • 18 Mei 2021
  • 408x Dilihat
  • Berita

Hari Pertama Kerja, Pegawai BDK Palembang Ikuti Vaksinasi Tahap Kedua

PALEMBANG (17/05) Mengawali hari pertama masuk kerja pasca Libur Lebaran Idul Fitri 1442 H. Pegawai Balai Diklat Keagamaan (BDK) Palembang mengikuti vaksinasi Covid-19 tahap kedua, bertempat di Puskesmas Kampus, Palembang. Vaksinasi kali ini merupakan agenda lanjutan dari vaksinasi tahap pertama yang sudah dilaksanakan tempat empat pekan sebelumnya.

Jenis vaksin yang digunakan dalam vaksinasi tahap kedua masih sama dengan yang pertama, yaitu CoronoVac dari PT. Biofarma atau yang lebih dikenal dengan nama Sinovac dengan metode Injeksi intramuskular. Sebagaimana vaksin pada umumnya, Sinovac merupakan mengandung virus SARS-CoV-2 itu sendiri yang sudah non-aktif. Penyuntikan vaksin Sinovac akan memicu sistem kekebalan tubuh untuk mengenali virus yang sudah tidak aktif tersebut, sebelum kemudian memproduksi antibodi untuk melawannya sehingga tubuh memiliki imunitas dari infeksi Covid-19.

Mengapa penyuntikan vaksin Sinovac harus dilakukan dua kali? Menurut para ahli, vaksin Sinovac tidak bisa bekerja maksimal jika dosis yang disuntikkan ke tubuh seseorang hanya sekali. Untuk menangkal paparan virus korona, diperlukan dua dosis jenis vaksin yang sama guna terciptanya sistem kekebalan tubuh yang efektif.

Kegiatan vaksinasi tersebut juga diikuti Kasi Diklat Administrasi BDK Palembang,  Agus Apriansyah, S.Kom., MM. Beliau mewakili Kepala BDK Palembang mengkoordinir pegawai BDK Palembang yang mengikuti vaksinasi tahap kedua tersebut. beberapa pegawai yang sudah divaksin menyampaikan bahwa vaksin yang kedua ini terasa lebih ringan dibandingkan dengan vaksin tahap pertama, serta tidak ada gejala-gejala efek samping yang membahayakan setelah vaksinasi.

Meski telah mendapatkan dua kali vaksin, pegawai BDK Palembang tetap belum luput dari bahaya penyebaran Covid-19, karena virus korona masih dapat bermutasi dan menjadi lebih ganas. Oleh karena itu, setelah vaksinasi pun, lingkungan BDK Palembang masih harus tetap menerapkan protokol kesehatan, dengan tetap mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan.