Kankemenag Bengkulu Utara: Guru Harus Memahami Karakter Anak Didik
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 6 Maret 2023
  • 179x Dilihat
  • Berita

Kankemenag Bengkulu Utara: Guru Harus Memahami Karakter Anak Didik

ARGA MAKMUR (6/3) – BDK Palembang kembali melaksanakan Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK) sebanyak 6 angkatan pada tanggal 6 -11 Maret 2023. 2 di antaranya dilaksanakan di Kabupaten Bengkulu Utara, yaitu PDWK Metodologi Pembelajaran Angkatan IV yang diampu oleh widyaiswara Elsy Zuriyani, S.Si, M.Pd. dan Riduwan, S.Ag, M.Pd.I, serta PDWK Manajemen Kemasjidan Angkatan II yang diampu oleh Dr. H. Syarif Husain, S. Ag, M.Si dan Drs. H. Ridwan, M.H.I. 


Pada pembukaan pelatihan yang dilaksanakan di MAN 1 Bengkulu Utara, Bandar S.E., M.M. selaku ketua panitia menyampaikan bahwa pada dasarnya, pelatihan ini bertujuan untuk menambah dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan wawasan serta sikap mental guna memantapkan pelaksaan tugas di bidang masing-masing. Selain itu, pelatihan ini diharapkan dapat memberikan tambahan bekal bagi peserta dalam upaya memantapkan pelaksanaan tugas dan fungsi sesuai standar kompetensi masing-masing, sehingga para peserta pelatihan menjadi  handal di lingkungan Kementerian Agama. 


Turut hadir dalam pembukaan tersebut Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bengkulu Tengah, Dr. H. Nopian Gustari, S.Pd.I, M.Pd beserta stafnya, serta Kepala MAN 1 Bengkulu Utara, Jemi Sundaya, S.Pd, M.Pd.I. 


“Selamat datang di Madrasah Aliyah Negeri 1 di Bengkulu Utara,” sambut Nopian. ”Jika dulu kita sebegai peserta yang diundang ke Palembang untuk mengikuti pelatihan, sekarang sudah berinovasi panitia dan widyaiswara dari BDK Palembang yang datang kesini” 


“Kita selalu memiliki prinsip dimana masjid sebagai tempat ibadah, tapi sebenernya fungsi masjid itu banyak bisa menjadi tempat musyawarah, tempat belajar dan sebagainya dimana itu semua termasuk ke dalam manajemen kemasjidan. Untuk Metodologi Pembelajaran bagaimana kita melakukan proses pembelajaran kepada anak-anak didik kita, setidaknya bapak ibu guru memahami karakter anak, karena karakter anak dan cara mengajar itu berbeda-beda. Trik-triknya nanti bisa didapatkan dengan mengikuti pelatihan ini dengan tuntas,” tambah pria kelahiran Tumbu’an ini. 


Pria Kelahiran tahun 1983 ini mengucapkan terima kasih kepada BDK Palembang yang telah melaksanakan PDWK di Bengkulu Utara. “Semoga materi dan ilmu yang kita dapatkan dan kita pelajari akan mudah diimplementasikan kedepannya nanti,” sambung Nopian.