Kerja Kelompok yang Efektif pada PJJ Peningkatan Kinerja Staf Angkatan II
  • 29 Juli 2020
  • 706x Dilihat
  • Berita

Kerja Kelompok yang Efektif pada PJJ Peningkatan Kinerja Staf Angkatan II

Palembang, 29 Juli 2020. Balai Diklat Keagamaan Palembang kembali menggelar kegiatan diklat secara e-learning yang dinamakan Pelatihan Jarak Jauh atau disingkat PJJ, PJJ ini telah dilaksanakan sejak tanggal 8 Juli 2020 dan akan berakhir nanti pada tanggal 30 Juli 2020 dengan merekrut sebanyak 35 Peserta pada setiap Mata Diklat di Wilayah Satuan Kerja Balai Diklat Keagamaan Palembang seSumatera Selatan, Lampung, Bengkulu dan Bangka Belitung.

Kesempatan kali ini tim media akan meliput keseruan PJJ pada mata diklat Peningkatan Kinerja Staf Angkatan II yang diikuti oleh masing-masing peserta dengan lokasi ataupun tempat bekerja berbeda, ada yang berada di Provinsi Bengkulu, Provinsi Lampung, Kepulauan Bangka maupun Provinsi Sumatera Selatan sendiri. Bertepatan pada hari ini, mata diklat Peningkatan Kinerja Staf Angkatan II membahas tentang materi pelajaran Dasar Penguatan Internet disampaikan langsung oleh Narasumber sekaligus Widyaiswara Muda Balai Diklat Keagamaan Palembang yakni Mardiansyah S.IP M.Si. dan materi yang disampaikan melalui media Zoom Meeting

Mardiansyah mengenalkan kembali pengetahuan dasar tentang internet karena beberapa peserta belum banyak mengetahuiinya. Mulai dari sejarah internet, apa itu internet hingga pemanfaatan penggunaan internet di masa era globalisasi 4.0 saat ini. Pada hari ini tim media mendapatkan moment dimana Peserta PJJ Peningkatan Kinerja Staf Angkatan II sedang melakukan Praktek Kelompok atau Kerja Kelompok secara Daring melalui Zoom Meeting, Peserta dibagi menjadi 4 kelompok yang dimana masing masing kelompok mendapatkan tugas berbeda-beda, dengan bantuan Panitia pelaksana kegiatan PJJ ini, peserta di buatkan ruang bersama kelompoknya dalam metode Breakout Room, Di ruang ini Peserta bersama Kelompoknya secara leluasa berdiskusi tanpa mengganggu kelompok lain, tentunya diskusi ini dipantau langsung oleh Narasumber dan Panitia.

Cara ini sangatlah efektif untuk peserta, mengingat waktu Zoom Meeting hanya diberikan kurang lebih 2-3 jam pelajaran saja dalam satu mata diklat sebelum digantikan oleh mata diklat yang lain, sehingga dengan waktu yang sedikit tetapi bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Panitia dengan cara memanfaatkan Breakout Room dalam aplikasi zoom. Dimana setiap Peserta telah diberikan tugas secara kelompok, dan setelah menyelesaikan tugas maka tiap peserta disatukan lagi tanpa kelompok. Kemudian saat presentasi kelompok masing-masing diberikan waktu sekitar 3-5 menit untuk melakukan persentasi, sehingga setiap perwakilan kelompok diberikan tugas untuk pemaparan hasil diskusi yang telah dilakukan sebelumnya.

Dalam 2,5 Jam kegiatan Zoom Meeting berlangsung tanpa kendala dan tanpa ada materi yang terlewatkan sehingga semua kelompok sudah berhasil melakukan paparan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Harapan dari peserta diklat yaitu "Semoga para panitia dan widyaiswara selalu memberikan inovasi dalam hal pembelajaran jarak jauh, sehingga kami selaku peserta tidak hanya monoton menerima pembelajaran namun dapat berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar".

Balai Diklat Keagamaan Palembang (BDK Palembang) terus berinovasi demi terlaksananya kegiatan pelatihan meskipun belum dapat dilakukan pelatihan secara tatap muka terlebih selama Pandemi Covid-19.