Mari Sikapi Perbedaan Dengan Menata Kehidupan Harmonis Rukun dan Damai. 
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 23 April 2024
  • 9x Dilihat
  • Berita

Mari Sikapi Perbedaan Dengan Menata Kehidupan Harmonis Rukun dan Damai. 

Sungailiat (23/4), Di sela-sela kesibukannya sebelum kembali ke Jakarta, Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Prof. Dr. H. Amin Suyitno, M.A menyempatkan diri hadir di Universitas Bangka Belitung untuk membuka kegiatan "Dialog Publik Strategi Penguatan Moderasi Beragama pada Lembaga Pendidikan"

 

Acara yang diselenggarakan oleh Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Kemenag Balitbang dan Diklat Kemenag RI bekerjasama dengan Universitas Bangka Belitung ini bertujuan untuk menyelamatkan anak-anak bangsa dalam menyikapi perbedaan. Hadir H. M. Arfi Hakim Kepala Bimas dan Layanan Kemenag Balitbang dan Diklat untuk menyampaikan laporan kegiatan.

 

Dihadapan 300 Mahasiswa dalam sambutannya Suyitno menyatakan berbeda itu biasa, yang terpenting bagaimana menyikapi perbedaan itu dengan menata kehidupan yang harmonis rukun dan damai.  

 

"Semangat moderasi beragama menjadikan pentingnya komitmen kebangsaan. Provinsi Babel yang memiliki banyak etnis harus menjadi roll model dengan keberagaman eknis yg luas menjadikan Babel makin kuat dan bersinergi" tuturnya.

 

"Di era digital sekarang ini guru selaku pendidik harus masuk ke dunia digital, membuat materi menarik agar anak-anak tertarik. Guru atau dosen harus modern dan mengenal IT" ungkap Suyitno

 

"Moderasi beragama tidak cukup dengan ceramah saja. Penyampaiannya bisa lewat fertival, musik teater, festival musik pendek, penyusunan buku saku, peserta butuh pesan singkat. Contohnya banyak pesan bergambar. Satu gambar bisa memiliki seribu arti dan mudah dimengerti" jelasnya

 

"Berbeda tetapi tetap bersama, bukan mencari titik beda tetapi mencari titik temu untuk bersama. Anak indonesia harus bangga menjadi anak Indonesia. Karena kita lahir, hidup dan mati di negara tercinta" pesan suyitno seraya membuka kegiatan dialog Publik Strategi Penguatan Moderasi Beragama pada Lembaga Pendidikan di Balai Besar Peradaban (BBP) Universitas Bangka Belitung.

 

Dialog ini dihadiri oleh Kepala Balai Diklat Keagamaan Palembang Dr. H. Saefudin, S.Ag, M.Si didampingi Kasubbag Tata Usaha H. Mukmin, S.Ag, M.Sy. dengan pemateri Rektor IAIN SAS Babel Dr.irawan, m.s.i, Rektor UBB Prof. Ibrahim dan Plh. Kakanwil Kemenag Prov. Babel H. Firmantasi, MH. (Yn)