Marwansyah Tekankan Pentingnya BLC dalam Mendorong Efektivitas Pelatihan
  • 12 Maret 2022
  • 250x Dilihat
  • Berita

Marwansyah Tekankan Pentingnya BLC dalam Mendorong Efektivitas Pelatihan

KARANG TINGGI (9/3) - Sebanyak 40 orang peserta PDWK (Pelatihan di Wilayah Kerja) dengan aktif dan antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh widyaiswara BDK Palembang, Marwansyah, S.Ag., M.Pd.I pada pelatihan Lesson Study Bagi Guru Madrasah Angkatan I. Pelatihan tersebut diselenggarakan BDK Palembang di MIN 4 Pondok Kelapa, Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah. 40 orang peserta tersebut merupakan utusan dari beberapa madrasah yang ada di satker Kemenag Bengkulu Tengah, antara lain: 5 orang dari MAN IC, 7 orang dari MA swasta, 8 orang dari MI Negeri, 2 orang dari MI swasta, 8 orang MTs Negeri dan 10 orang dari MTs swasta.

Terdapat 5 materi yang disampaikan oleh Marwansyah, mulai dari Building Learning Comitment (BLC), Konsep Lesson Study, Penerapan Strategi, Pendekatan, Model, Media dalam Lesson Study, Permasalahan Pembelajaran dan Tahapan Lesson Study.

Marwansyah berucap “Mengapa proses pembelajaran diawali dengan materi BLC karena fungsi BLC dalam proses pembelajaran yang pertama bisa membangun nuansa kebersamaan, Menghilangkan status formal dalam pelatihan, Meningkatkan ssuasana kekeluargaan selama proses pelatihan dan ketika BLC itu tidak berhasil maka akan mempengaruhi efektivitas belajar selama 1 minggu ke depan.”

Saat ditanya "konsep seperti apa yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran Lesson Study?", Marwansyah menjawab jika terdapat 3 konsep, yaitu teori, berdiskusi dan yang simulasi.

“Setelah enam hari berlalu, dapat dilihat perkembangan dari peserta pelatihan lesson study. Peserta bisa mengikuti semua tahapan proses dari lesson study sehingga hasil pelatihan ini dapat diterapkan di tempat tugas masing-masing,” ucap Marwansyah.