Mastuki Berharap, Dengan Pelatihan Dapat Meningkatkan SDM Kemenag
  • BDK Palembang
  • 10 November 2023
  • 120x Dilihat
  • Berita

Mastuki Berharap, Dengan Pelatihan Dapat Meningkatkan SDM Kemenag

Palembang (10/11), Balai Diklat Keagamaan Palembang hari ini kedatangan tamu istimewa yaitu Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Dr. H. Mastuki, M.Ag. Kedatangan Kapus Teknis  ini adalah untuk memberikan materi “Percepatan Pengembangan SDM Kementerian Agama melalui inovasi Pendidikan dan Pelatihan” kepada peserta Pelatihan Di Wilayah Kerja Penggerak Moderasi Beragama Rumah Ibadah Angkatan III, PDWK Keluarga Sakinah Angkatan IV dan PDWK Manajemen Kemasjidan Angkatan III.

Pada kesempatan ini Mastuki menyampaikan pernyataan Menteri Agama bahwa “Kementerian Agama harus menjadi motor penggerak implementasi moderasi beragama dalam semua lini. Para ASN kemenag yang profesional dan moderat, harus menjadi teladan dalam melayani masyarakat, membawa misi menghadirkan moderasi beragama ditengah keberagaman Indonesia”. Ungkapnya dihadapan peserta PDWK

“Moderasi Beragama memastikan bahwa komitmen Bangsa jelas, tidak bertentangan antar agama dan negara. Mudahnya menjalankan ajaran agama menjadikan Negara sebagai wadah yang sangat penting untuk menjalankan agama”. Tuturnya.

“Kebebasan beragama yaitu sikap tidak mudah tercerai berai dengan bhineka tunggal ika yang diikat melalui negara RI. Lalu ada kesepakatan tertulis yaitu dengan pancasila dan harus diurus secara detail dengan UUD 1945, serta dilanjutkan dengan PP dan PMA” tambahnya.

Kapus teknis juga menjelaskan “Dengan Manajemen masjid diharapkan masjid bukan hanya hidup tapi makmur, masjid yang dahulu biasa-biasa saja terbentuk menjadi luar biasa dan masjid menjadi mampu memberikan manfaat pada umat sekitarnya” harapnya.

“Tujuan pembinaan keluarga sakinah adalah untuk mewujudkan keluarga yang harmonis dan mengarahkan setiap keluarga, agar peduli antar suami istri terhadap pengaruh negartif globalisasi, demi terjaganya keutuhan keuarga sakinah yaitu dengan melalui pendekatan agama” jelasnya.

Oleh karena itu Mastuki berharap dengan pelatihan secara terus menerus dan belajar mandiri dapat meningkatkan SDM Kementerian Agama. Pelatihan akan laksanakan dengan dua strategi pelatihan yaitu MOOC Pintar dan tatap muka”. Tutupnya seraya mengakhiri pembelajaran.

PDWK ini dilaksanakan selama 6 hari mulai dari tangga 6 s.d 11 November 2023 pada Kantor Kementerian Agama Kota Palembang bertempat di MA Fatra Mandiri Kota Palembang. (Yn)