Membangun Kekompakan Antar Peserta Diklat Melalui Building Learning Commitment
  • 23 Maret 2021
  • 1325x Dilihat
  • Berita

Membangun Kekompakan Antar Peserta Diklat Melalui Building Learning Commitment

METRO – Pelatihan Di Wilayah Kerja Manajemen Berbasis Madrasah Angkatan IV yang berlangsung di Metro Lampung diawali dengan materi Building Learning Commitment yang disampaikan oleh Dra. Hodijah, M.Pd widyaiswara dari Balai Diklat Keagamaan Palembang yang berkesempatan untuk menjadi pengajar pada kegiatan kali ini. Hodijah menjelaskan bahwa Building Learning Commitment merupakan proses mengenal diri sendiri, mengenal orang lain dan membangun kelompok yang dinamis selama penyelenggaraan diklat, menyepakati komitmen bersama dalam mencapai tujuan pembelajaran serta membentuk perangkat kelas.

Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk membangun kekompakan antar peserta diklat, membangun suasana belajar yang menyenangkan dan kondusif, sehingga pelatihan dengan suasana yang seperti ini akan membuat para peserta lebih efektif dalam belajar dan dapat menyerap materi dengan baik. Dalam pembelajarannya, ada beberapa komitmen yang perlu dibangun di dalam kelas selama diklat berlangsung diantaranya adalah disiplin, kerjasama, peduli, toleransi serta aktif.

Diharapkan setelah mengikuti Building Learning Commitment ini, para peserta dapat mencairkan suasana yang kaku selama proses pembelajaran berlangsung, sehingga dapat mendorong peserta agar dapat berkomitmen dalam mengikuti pelatihan dengan baik, baik secara individual maupun secara kelompok dan proses pembelajaran dalam diklat ini menghasilkan alumni yang berkualitas. Selain itu juga pembelajaran yang diperoleh dari materi ini dapat diterapkan juga pada kegiatan belajar mengajar bagi peserta yang berprofesi sebagai tenaga pendidik.