Monitoring dan Evaluasi IKMBK Kota Pangkalpinang Tahap pertama
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 23 Juni 2023
  • 162x Dilihat
  • Berita

Monitoring dan Evaluasi IKMBK Kota Pangkalpinang Tahap pertama

Pangkalpinang (21/6), tim BDK Palembang untuk IKMBK Pangkalpinang melakukan monitoring dan evaluasi kepada enam madrasah sasaran dalam pelaksanaan IKMBK. Monev IKMBK dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 21 sampai dengan 23 juni 2023 oleh Iwan Sugianto, S.Kom, M.Pd.I selaku ketua tim IKMBK, Dr. Lilis Suryani, M.Si dan Sri Sunarti, M.Pd selaku narasumber dan panitia, Nyimas Hikmah Susanti, S.Sos, M.Si, Mona Arida, S.IP dan Taslim, ST.


Kunjungan pertama di laksanakan di MIN 2 Pangkalpinang, Dra. Zuraidah, selaku kepala MIN 2 Pangkalpinang menyampaikan rasa syukur kepada tim IKMBK BDK Palembang yang telah melakukan monev IKMBK sehingga progres yg telah dilaksanakan disini dapat di pantau dengan baik. Selain itu, kami dapat menanyakan beberapa permasalahan dan kendala yang dihadapi dalam perencanaan IKM di MIN 2 ini, tegasnya .


Iwan menyampaikan kegiatan ini merupakan program dari IKMBK untuk memantau progres yg telah dilaksanakan di seluruh madrasah sasaran. Ini merupakan tahap pertama monev IKMBK dengan tujuan untuk melihat sejauhmana progres yang telah dilakukan oleh madrasah.


Lilis menyampaikan bahwa monev ini sangat bermanfaat bagi madrasah karena widyaiswara dapat melihat perkembangan yang telah dilakukan oleh madrasah mengenai persiapan kurikulum merdeka. 


Sri menambahkan dalam kunjungan monev mengenai instrumen yang perlu diisi oleh dosen dan pengawas saat melakukan pendampingan di madrasah dan laporan yang harus dibuat oleh madrasah mengenai progress IKMnya.


Lanjut ke kunjungan kedua, yaitu MIN 1 Pangkalpinang selaku kepala MIN 1 Pangkalpinang Kustinawati, S.Pd.I menyampaikan bahwa dengan monev ini dapat membawa madrasah lebih baik lagi dalam pelaksanaan IKMBK ini karena langkah-langkah pelaksanaan jelas dan sesuai prosedur.


MI Al Ihsan Pangkalpinang juga menjadi salah satu madrasah yang dikunjungi. Kepala Madrasah MI Al Ihsan Pangkalpinang, Asritawani, S.Pd,SD mengungkapkan bahwa progres IKM sudah disiapkan mulai dari sk tim IKM, dan Kom, tinggal pembuatan modul ajar dan projek saja.


Sedangkan dari MTs Darussalam masih dalam proses penyusunan Kom, hal ini dikarenakan terjadinya perpindahan lokasi Madrasah dari tempat lama, Tuatunu ke Perumnas. Hatta, S.Pd.I selaku Kepala MTs Darussalam menjelaskan perpindahan ini membuat proses IKM menjadi terhambat, karena berkas-berkas yang harus dibereskan.


MAN 1 Pangkalpinang menjadi tempat kunjungan berikutnya. Selaku Kepala MAN 1 Pangkalpinang, Drs. Mega Kastiawan menjelaskan bahwa semua persiapan pelaksanaan IKM di MAN 1 telah dipersiapkan mulai dari SK Tim IKM, pengembang kurikulum, KOM, ATP hingga modul ajar. Ini dikarenakan tahun lalu MAN 1 telah menjadi pilot project IKM sehingga tinggal menyempurnakan administrasinya saja.


Terakhir, kunjungan dilaksanakan di MTsN 1 Pangkalpinang dengan Kepala Madrasah Firdaus Wijaya, S.Pd.I menjelaskan persiapan MTsN 1 Pangkalpinang baru mencapai 40% dikarenakan saat ini memasuki liburan sekolah. Dalam dua minggu kedepan mereka baru akan mengadakan diseminasi IKM kepada guru-guru dan pembuatan modul ajar sehingga saat memasuki ajaran baru kurikulum merdeka dapat dilaksanakan.


Monev ini dihadiri oleh beberapa komunitas, yaitu guru-guru yang terlibat dalam IKMBK, kepala madrasah, dosen, pengawas dan kasi kemenag.