NEUROLINGUISTIKPROGRAMING DALAMBIDANG PENDIDIKAN
NEUROLINGUISTIKPROGRAMING DALAMBIDANG PENDIDIKAN
Oleh:Dra.NellyNurmelly.MM
BalaiDiklatKeagamaanPalembang
PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan suatu usaha perbaikan, agar berkehidupan menjadi lebih baik dan diharapkan dapat mempercepat kemajuan suatu bangsa saat ini. Proses pendidikan tidak selamanya berjalan mulus, kadang banyak hambatan yang ditemui oleh guru dan peserta didik. Mengatasi masalah-masalah tersebut dapat diterapkan dengan mengunakan sebuah teknik, yaitu NeuroLinguistic Programming (NLP). NLP merupakan suatu program komunikasi yang dikembangkan berdasarkan pendekatan hypnoterapi dan psikoterapi. NLP dimulai dengan mempelajari dan membahas komunikasi manusia yang sistematis. (O’Connor, 2001). NLP efektif diterapkan dalam bidang pendidikan, konseling, bisnis dan terapi (O’Connor & Seymour, 1990). Hasil penelitian yang dilakukan oleh Albalawi (2014) menunjukan teknik-teknik dalam NLP efektif dalam meningkatkan kualitas hidup mahasiswa. Selanjutnya, strategi penggunaan pelatihan NLP berpengaruh terhadap tingkat kecemasan, dan menurunkan kecemasan. Hasil penelitian Lashkarian & Sayadian (2015) menunjukan teknik-tenik dalam NLP dapat meningkatkan motivasi dan prestasi bahasa peserta didik serta hasil analisis isi dari wawancara menunjukan bahwa teknikNLP efektif dalam pengajaran.
Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan Perkembangan Terapi Menurut Skinner dan Croft, 2009 (dalam Davies, 2009). Neuro Linguistic Program yang selanjutnya disingkat NLP terdiri dari kata “neuro”, “linguistic”, “programming”. Neuro mengacu kepada istilah neurologi yang berarti pola-pola berfikir. “Linguistic” adalah bahasa, baik dalam menggunakannya maupun dipengaruhi oleh bahasa itu sendiri. “Programming” mengacu kepada perilaku dan tujuan tujuan yang kita bentuk NLP menurut Bandler & Grinder, individu adalah suatu keseluruhan sistem pikiran-tubuh dengan hubungan yang telah dipola diantara pengalaman internal (neuro), bahasa (language), dan perilaku (Programming) (Tosey, 2005; Huehls, 2010; Seyhener, 2011) dengan mempelajari hubungan-hubungan tersebut, individu secara efektif bertransformasi dari cara lama mereka terbukti bahwa penerapan teknik NLP efektif dalam bidang pendidikan.
Versi Lengkap Download Disini /upload/files/Neurolinguistik%20Programing.pdf