PENTINGNYA MENJAGA KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI MASYARAKAT
  • 12 Maret 2021
  • 4842x Dilihat
  • Berita

PENTINGNYA MENJAGA KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI MASYARAKAT

PALEMBANG - Konflik antar umat beragama seringkali muncul belakangan ini. Konflik di tengah-tengah masyarakat yang majemuk memang terkadang sengaja dibuat oleh pihak-pihak tertentu untuk menciptakan kekacauan. Konflik lokal yang terjadi terus-menerus baik yang melibatkan sentimen agama maupun tidak, cenderung mengancam keutuhan NKRI. Untuk itu keutuhan tatanan masyarakat majemuk mesti menjadi perhatian semua pihak.

Pada Selasa (10/03) lalu, Balai Diklat Keagamaan (BDK) Palembang telah melangsungkan Pelatihan Kerukunan Umat Beragama (KUB) Angkatan ke-III secara reguler dengan metode tatap muka dan tentunya sesuai protokol kesehatan yang selama ini telah dijalankan. Sebanyak 35 orang menjadi peserta dalam pelatihan tersebut. Materi inti dari pelatihan ini sangat bermanfaat untuk peserta, terutama materi-materi seperti Kode Etik Penyiaran Agama, Analisis Kasus Hubungan Umat Beragama, Metode Penyuluh Agama Berwawasan Kerukunan, Analisis Regulasi tentang Kerukunan Umat Beragama serta Diagnostic Reading Penanganan dan Penyelesaian Potensi Konflik Umat Beragama.

Semua materi tersebut rencananya akan berlangsung dan diselesaikan dalam 60 jam pelajaran yang terbagi ke dalam 6 hari. Narasumber yang mengajar pun bukan hanya dari BDK Palembang,  tetapi juga didatangkan dari Kantor Wilayah Kemenag Kota Palembang.

Setelah pelatihan ini, diharapkan para peserta akan mampu memperaktikkan ilmu yang telah didapat selama pelatihan di lingkungan masyarakat, serta dapat menambah dan mengembangkan  wawasan, mengembangkan hard skill, mengetahui kesalahan elementer (dasar) atas pemahaman pribadi dan mengajari kerendahan hati.