Peran Komitmen Pimpinan dalam Membangun SDM Guna Peningkatan Kualitas & Pelayanan
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 16 Mei 2023
  • 287x Dilihat
  • Berita

Peran Komitmen Pimpinan dalam Membangun SDM Guna Peningkatan Kualitas & Pelayanan

PALEMBANG (16/5) - Kepala BDK Palembang Dr. H. Saefudin, S.Ag., M.Si., memaparkan materi  “Peningkatan dan Penjaminan Mutu Diklat Administrasi” pada Pelatihan Teknis Penilaian Kinerja PNS, Selasa (16/5). Materi tersebut merupakan materi wajib yang selalu ada di setiap pelatihan administrasi yang digelar BDK Palembang. 


Di awal paparan, Saefudin menjelaskan bahwa dalam mengikuti pelatihan tentunya setiap peserta memiliki motivasi yang berbeda-beda. Motivasi dalam mengikuti pelatihan perlu didasari oleh niat yang baik. Niat adalah fondasi yang menentukan hasil yang ingin kita capai. 


“Siapa yang pergi dengan niat tidak jelasm maka akan memperoleh hasil yang yg tidak jelas pula. Namun sebaliknya, bila dengan niat yang baik, maka akan mendapatkan hasil yang baik pula,” demikian tukas Saefudin dalam paparannya. 


Dalam hal mutu kediklatan, Saefudin juga menyampaikan bahwa mutu kediklatan BDK Palembang sudah mendapatkan predikat “Sangat Bermutu”. Untuk mencapai predikat sangat bermutu, tentu bukan hal yang mudah. Tidak hanya dengan berinovasi melalui teori yang cerdas dan wacana yang jelas, namun juga ada berapa faktor yang sangat penting dalam peningkatan dan penjaminaan mutu BDK Palembang, antara lain sebagai berikut: 


1.Komitmen Pimpinan 


Pimpinan sangat berperan penting dalam mendorong dan memberikan motivasi pegawai. Seorang pimpinan harus mengayomi pegawainya dan memberikan apresiasi kepada pegawainya yang sudah mau bekerja keras, walaupun melalui hal-hal kecil seperti menegur/menyapa pegawainya yang sedang lembur sebagai bentuk kepedulian dan perhatian terhadap pegawainya. 


2.SDM yang Berkomitmen 


Selain komitmen seorang pemimpin, komitmen SDM juga sangat penting. SDM yang berkomitmen akan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, profesional, loyalitas dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pimpinan dengan baik. Hal ini akan menciptakan bentuk kerja sama antara pimpinan dan pegawai untuk menjadi tim kerja yang baik dan profesional. 


3.Sarana Penunjang/Pendukung 


Dalam peningkatan kualitas pelayanan, sarana penunjang/pendukung adalah salah satu faktor penting, yaitu dengan memberikan fasilitas, sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk kegiatan pekerjaan maupun fasilitas pelayanan kediklatan. 


Mata Pelatihan Peningkatan dan Penjaminan Mutu Diklat Administrasi ini mendukung perwujudan Program Prioritas Kemenag 2019-2024, yaitu: Percepatan Pemberantasan Korupsi, Penguatan Moderasi Beragama, Peningkatan Kualitas Pelayanan Haji Dan Umroh,Peningkatan Kualitas Sertifikasi Halal, Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama dan Keagamaan. 


Di akhir paparannya, Saefudin berharap apa yang disampaikan bisa menjadi arahan dalam peningkatan kualitas kinerja dan pelayanan di satker masing-masing. Ia juga berpesan kepada semua peserta untuk menguatkan niat dan motivasi dalam mengikuti pelatihan, agar tujuan dan manfaat dalam pelatihan ini dapat tersampaikan dan dapat diterapkan di satker masing-masing.