Perdana Syafitri Irwan Buka Pelatihan Sebagai Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan
  • 23 Mei 2022
  • 370x Dilihat
  • Berita

Perdana Syafitri Irwan Buka Pelatihan Sebagai Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan

PALEMBANG (23/5) - BDK Palembang pasca idul fitri 1443 H kembali mengadakan Pelatihan di Kampus Balai Diklat Keagamaan Palembang sebanyak 2 angkatan. Pelatihan ini terdiri dari Pelatihan Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Angkatan I dan II Kementerian Agama se Provinsi Sumatera Selatan, Bengkulu dan Kepulauan Bangka Belitung. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan Bapak Dr.Syafitri Irwan, S.Ag, M.Pd.I, didampingi oleh Plt. Kepala BDK Palembang Mukmin, S.H.I, M.Sy, Koordinator Widyaiswara Drs. Rudi Hermawan, M.Pd dan Ketua Panitia Hapizin, S.Ag.

Pembukaan Pelatihan kali ini agak berbeda, dimana sebelumnya Dr.Syafitri Irwan, S.Ag, M.Pd.I membuka pelatihan sebagai Kepala Balai Diklat Keagamaan Palembang. Namun dalam kesempatan ini beliau membuka pelatihan dengan jabatan baru yaitu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam pembekalannya Syafitri menyapa para calon peserta dan merasa senang telah bertemu dengan para guru Pendidikan Agama Islam SD dari 3 provinsi. Guru pendidikan agama islam sekolah dasar memiliki peranan penting dalam mendidik anak-anak, bukan hanya menjadikan mereka anak yang pintar dalam agama tetapi menciptakan anak didik yang memiliki akhlak, tutur kata, bermoral, taqwa, patuh dan hormat kepada orangtua dan agama, anak yang berkarakter demi menyongsong masa depan Indonesia.

Penting juga bagi guru agama untuk mampu menguasai bidang teknologi informasi dan komunikasi sebagai penunjang dalam mengajar pendidikan agama. "Guru agama sangat berperan dalam menumbuhkan  karakter moderasi beragama pada peserta didik untuk membentuk anak didik yang memiliki sikap toleransi". Ini merupakan tugas besar para guru Sekolah Dasar pesan Syafitri.

Pembukaan pelatihan berjalan dengan lancar mulai dari pembukaan, menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Pembacaan Ayat-ayat Suci Al Qur'an, Laporan pelaksanaan kegiatan, pembekalan, penyematan tanda peserta dan diakhiri dengan pembacaan Doa. Pelatihan akan berjalan selama 6 hari mulai dari tanggal 23 s.d 28 Mei 2022, pembukaan diikuti oleh 70 orang peserta pelatihan.