Perkuat Fungsi Pelayanan Pelatihan, 17 Pegawai BDK Palembang Ikuti TOC
  • BDK Palembang
  • 28 November 2022
  • 314x Dilihat
  • Berita

Perkuat Fungsi Pelayanan Pelatihan, 17 Pegawai BDK Palembang Ikuti TOC

PALEMBANG (28/11) - Sebanyak 17 pegawai BDK Palembang mengikuti Workshop Trainning Officer Course (TOC) yang diadakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) secara daring pada Senin, 28 November 2022. Workshop ini adalah agenda pertama dalam TOC yang akan berlangsung selama 15 hari. Pelatihan untuk tenaga penyelenggara pelatihan tersebut diikuti oleh 314 orang dari 24 Instansi yang dibagi ke dalam dua angkatan, yaitu Angkatan IV dan Angkatan V.

Dengan harapan akan memperkuat fungsi pelayanan pelatihan, Kasubbag Tata Usaha BDK Palembang, Mukmin, S.HI, M.Sy. terus memantau dan mendukung ke-17 peserta dalam mengikuti TOC. “Ikuti dengan sebaik-baiknya, saling dukung antara satu sama lain, saya yakin rekan-rekan dan adik-adik semua pasti lulus dengan nilai terbaik dan akan memperkuat organisasi kita” ujar Mukmin sebelum ke-17 peserta mengikuti Workshop di Ruang Rapat BDK Palembang.


Workshop dimulai pukul 13.30 WIB dengan penyampaian materi overview oleh Koordinator Pengembangan Program Teknis dan Sosial Kultural di P3K Bangkom ASN LAN RI, Fani Heru Wismono. Dalam kesempatannya, Fani menyampaikan tujuan, indikator kompetensi, proses pelaksanaan dan syarat kelulusan TOC. Terdapat 11 indikator kompetensi yang harus dipelajari dan dikuasai oleh seluruh peserta dalam TOC yang diselenggarakan secara Massive Open Online Course (MOOC) tersebut. Fani berharap seluruh peserta dapat saling berkomunikasi atau bertukar informasi antara satu dengan yang lain. “Harapannya bapak ibu peserta juga berkomunikasi satu sama lain dalam satu angkatan atau antar angkatan, agar informasi atau ilmu yang didapatkan dari TOC ini tidak hanya sebatas dari materi MOOC, namun juga dari pengalaman antar bapak ibu peserta” ujar Fani. 


Pada sesi selanjutnya, Teguh Henry dari LAN menyampaikan tata cara penggunaan aplikasi MOOC LAN yang diakses melalui browser dengan alamat  http://swajarmaster.lan.go.id/ .   Peserta dapat mengakses materi untuk pembelajaran mandiri pada aplikasi tersebut. Sebagai evaluasi pelatihan, di hari ke-14 peserta diwajibkan mengunggah resume materi dan di hari ke-15 mengikuti ujian pada aplikasi tersebut. Nilai akhir pada ujian akan menentukan kelulusan dan hak akses peserta ke menu sertifikat.

Selain menjelaskan tata cara penggunaan, teguh juga secara langsung menjawab pertanyaan dari peserta terkait kendala-kendala yang dihadapi dalam proses log in ke aplikasi. Teguh yang dididampingi oleh Riris Elisabeth menyampaikan bahwa peserta harus mengatur sendiri jadwal belajar masing-masing karena pembelajaran dilaksanakan mandiri atau asynchronous sehingga ketercapaian tujuan pelatihan tergantung bagaimana peserta mengatur jadwalnya sendiri.