PROSEDUR MANAJERIAL PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN
  • 18 Maret 2020
  • 910x Dilihat
  • Artikel

PROSEDUR MANAJERIAL PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN

PROSEDUR MANAJERIAL PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN

Dr. Agustina, M.Pd.

Abstrak

Sebuah kurikulum dianggap sebagai “jantung” dalam tiap institusi pembelajaran dimana diartikan bahwa sekolah atau universitas tidak akan bisa berjalan tanpanya. Model model pengembangan kurikulum merupakan model yang digunakan untuk mengembangkan suatu kurikulum, dimana pengembangan kurikulum dibutuhkan untuk memperbaiki atau menyempurnakan kurikulum yang dibuat untuk dikembangkan sendiri baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah atau sekolah. Model Pengembangan Kurikulum sendiri bisa digolongkan kedalam The Administrative Model, The grass roots model, Beauchamp’s system, The Demonstration Model, Taba’s Inverted Model dan Roger’s Interpersonal Relation Model. Artikel ini mendiskusikan bagaimana kurikulum sebaiknya dikembangkan dan bagaimana penerapannya dalam berbagai model tersebut.

I. Pendahuluan

Pentingnya fungsi kurikulum pada pendidikan formal membuat kurikulum telah mengalami proses yang dinamis karena perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat itu sendiri. Menurut Bilbao dkk (2008), kurikulum dalam artian luas adalah tidak hanya pembelajaran yang terhadi pada individual di sekolah namun juga pada masyarakat. Namun begitu ada banyak versi pengembangan kurikulum (curriculum development/curriculum design) yang dikemukakan para ahli dengan perbedaan pada titik beratnya masing-masing. Konsep kurikulum itu sendiri berkembang sejalan dengan perkembangan teori dan praktik pendidikan, juga bervariasi sesuai dengan aliran atau teori pendidikan yang dianutnya.

Versi Lengkap Download disini /upload/files/artikel%20web%20agustina%20MARET%202020%20%281%29.pdf